Melasma biasa dikenal orang dengan sebutan kloasma atau flek wajah, merupakan hipermelanosis yang umumnya simetris, berupa makula yang tidak merata, berwarna coklat muda sampai coklat tua, dan biasanya di area wajah yang terpajan sinar ultra violet.

Melasma atau flek wajah berdasarkan Gambaran Klinis dan prosentasenya :
Bentuk sentro facial : dahi, hidung, pipi medial, bawah hidung, dagu (63%)
Bentuk malar : pipi lateral/samping (21%)
Bentuk mandibular : daerah mandibula atau sekitar rahang (16%)
Adapun penyebab melasma atau flek wajah adalah :
Sinar ultra violet yang umumnya berasal dari paparan sinar matahari, memicu pembentukan zat warna kulit atau yang dikenal dengan melanogenesis.

Pengaruh hormon (estrogen, progesteron, MSH), biasanya sering terjadi pada kehamilan trimester 3, dan 1 bulan atau 2 tahun setelah penggunaan kontrasepsi hormonal dimulai (KB suntik, pil atau implant).

Obat yang ditimbun di lapisan dermis bag. atas .
Genetik atau diturunkan, ada sekitar 20 – 70 % kasus
Ras, umumnya ras hispanik dan kulit warna gelap
Kosmetik yang mengadung parfum, zat pewarna, dll, akan memberikan efek fotosensitivitas sehingga merangsang melanogenesis.
Idiopatik atau tidak diketahui secara jelas penyebabnya
Sebagai upaya penatalaksanaan atau terapi dan pencegahan melasma atau flek wajah, Larissa Aestetic Center menyediakan perawatan wajah (facial) dan produk harian.
Adapun facial untuk terapi melasma atau flek yang ada di Larissa Aestetic Center :

Microdermabration
merupakan terapi peremajaan dengan memgangkat sel kulit mati secara mekanik dan penggunaan serum – masker collagen. Perawatan ini bermanfaat untuk menghaluskan, mencerahkan, mengurangi hiperpigmentasi dan keriput.
Mesotherapy Brightening
merupakan terapi peremajaan dengan mesotherapy without needle, yaitu dengan memasukan serum yang berisi bahan alami, vitamin dan mineral ke dalam kulit tanpa menggunakan jarum suntik. Didukung dengan penggunaan ultrasound untuk membantu penyerapan serum.
Pulse Oxygen Injection
Perawatan wajah dengan infus oxigen murni, serum vitamin C dan vacum massage. Bermanfaat untuk menyegarkan, mrnyehatkan dan mencerahkan kulit.
Gold Facial
Perawatan wajah yang mengkombinasikan mikrodermabrasi ringan, ultrasound dan masker emas. Bermanfaat untuk menghaluskan, melembabkan dan mencerahkan kulit.
Silver Facial
Perawatan wajah yang mengkombinasikan mikrodermabrasi ringan, ultrasound dan masker emas. Silver dapat mengurangi pigmentasi kulit.

Bio-Pigmentation Therapy
Perawatan menggunakan Green light yang berfungsi membantu menekan produksi melanin sehingga dapat memperbaiki dan mencegah hiperpigmentasi dan age-spot.

Sebagai upaya pencegahan timbulnya melasma atau flek wajah, sebaiknya dilakukan :
Perlindungan terhadap sinar matahari, yaitu dengan enghindari pajanan langsung sinar matahari (jam 09.00 sd 15.00) misal dengan menggunakan topi lebar/ paying, tabir surya (30’ sebelum terpajan sinar matahari).
Menghilangkan faktor penyebab
Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan glutation, seperti buah dan sayur.
Untuk memperoleh hasil yang optimal, sebaiknya dikerjakan juga perawatan harian dengan penggunaan rangkaian pembersih dan krim perawatan wajah. Untuk penggunaan perawatan harian, bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter di gerai Larissa terdekat.

(Oleh : dr. Nurchotimah)
LAC TEGAL

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281