Begini Cara Terhindar Dari Rambut Berketombe Bagi Kamu Yang Sering Menggunakan Topi

0 Shares
0
0
0

Banyak orang yang mengeluhkan masalah rambut berketombe, terutama ketika mereka sering memakai topi. Padahal tidak bisa dipungkiri, saat ini topi tidak hanya sebagai pelindung kepala saja tapi juga sebagai aksesoris penampilan yang membuat seseorang terlihat lebih menarik. Bagi yang serig menggunakan topi apakah harus melepas topinya? Jawabannya tidak, asalkan memperhatikan beberapa hal penting berikut ini agar terhindar dari rambut berketombe. Seperti selalu menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, rajin keramas dan menjaga kebersihan topi serta lainnya. Penasarankan cara menghindari rambut ketombe karena pemakaian topi? Simak informasinya yuk.

1.Jaga Kebersihan Kulit Kepala Dan Rambut
Memastikan kebersihan kulit kepala dan rambut adalah hal yang paling penting. Setelah melakukan aktivitas yang cukup membuat kulit kepala berkeringat maka kamu harus segera membersihkannya dengan cara berkeramas. Dengan melakukan keramas dapat membantu kamu untuk menghilangkan kotoran, debu dan minyak yang menempel di rambut sebagai faktor pemicu ketombe.

2. Keramaslah Dengan Bersih
Tahukah kamu bahwa ketika keramas tapi tidak bersih maka busa sisa shampoo bisa tertinggal di kulit kepala dan menyebabkan ketombe? Nah, oleh sebab itu pastikan kamu selalu membilas rambut setelah keramas secara bersih dan merata. Agar busa sisa shampoo tidak akan tertinggal dan menyebabkan masalah rambut.

BACA JUGA: Rambut Rusak? Yuk Pilih Serum Terbaik Untuk Rawat Dan Kilaukan Rambut

3. Jadwal Keramas Yang Tepat
Membersihkan rambut dengan cara keramas memang lah sangat penting. Oleh sebab itu kamu harus memiliki jadwal khusus untuk melakukan keramas. Mencucui rambut terlalu sering tidak baik, karena bisa menyebabkan minyak alami di kulit kepala menghilang, akibatnya kulit kepala menjadi kering dan rambut mudah rontok. Sebaliknya, kebiasaan jarang mencuci rambut juga tidak baik karena kotoran dan debu akan terus menempel di kulit kepala sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal.

Jadwal ideal untuk melakukan keramas adalah dua hari sekali. Jadwal ini bisa disesuaikan dengan aktivitas kamu, jika kamu merasa rambut mulai gatal dan lepek maka kamu bisa berkeramas.

4. Lepaskan Topi Saat Di Dalam Ruangan
Fungsi topi sendiri adalah untuk melindungi kulit kepala dan rambu dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti pusing dan lainnya. Memang baik menggunakan topi untuk menjaga kepala saat beraktivitas di luar ruangan, tapi ketika sudah selesai beraktivitas dan kembali ke dalam ruangan maka sebaiknya lepaskan topi yang kamu gunakan. Tujuannya untuk membiarkan kulit kepala bernafas dan tidak menjadi lepek. Karena kondisi rambut lepek bisa menyebabkan munculnya ketombe.

5. Gantilah Topi Yang Digunakan
Buat kamu yang sering menggunakan topi bahkan menjadikan topi sebagai salah satu aksesoris wajib penampilan kamu. Maka sebaiknya sering gantilah topi yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu menggunakan topi yang sama selama seminggu penuh, karena membuat topi bau dan lembab. Kondisi semacam ini akan sangat mengganggu.

Jangan lupa untuk memilih topi dengan bahan yang nyaman dan tidak panas. Agar kulit kepala kamu tetap nyaman di berbagai macam cuaca di luar sana.

BACA JUGA: Ingin Agar Kulit Tetap Lembab Dan Segar Dengan Budget Terbatas? Yuk Coba Salah Satu Facial Berikut

6. Jangan Menggunakan Topi Milik Orang Lain
Buat yang pingen gaya tapi budget minim pasti sering banget pinjem aksesoris orang lain untuk digunakan. Nah kebiasaan ini harus kamu kurangi ya. Karena bisa jadi ketika kamu meminjam topi teman yang berketombe maka ketombe akan menempel di rambut kamu lho. Wah ngeri juga ya.

Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan khusus untuk rambut agar terjaga kebersihannya dan selalu ternutrisi. Eits nggak harus datang ke salon atau klinik kecantikan kok kalau kamu punya banyak waktu dan telaten dalam merawat rambutmu, tapi kalau kamu nggak punya waktu, kamu boleh kok mempercayakan perawatan rambutmu kepada salon atau klinik kecantikan andalanmu.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like