Penyebab Jerawat Nggak Hilang-Hilang! Hindari Kebiasaan Buruk Ini Ya

0 Shares
0
0
0

Apa kamu sedang pusing karena jerawat kamu yang terlalu betah di wajah ? Kamu pasti bingung dengan penyebab jerawat nggak hilang-hilang. Pasti kamu akan mencari cara agar jerawat tersebut tidak ada lagi. Sebenarnya jerawat bisa sembuh sendiri tanpa melalui proses pengobatan. Namun karena beberapa kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, jerawat tersebut jadi tidak bisa hilang bahkan meradang. Belum lagi jika jerawat yang kamu derita adalah jenis jerawat yang sulit dihilangkan seperti jerawat batu. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang berukuran besar-besar dan biasanya tumbuh dalam jumlah yang banyak. Dijamin rasa percaya diri kamu juga ikut menurun dengan hadirnya jerawat ini, apalagi jika kamu mahasiswa yang sedang aktif kuliah. Belum lagi masalah bekas jerawat seperti noda hitam dan bopeng yang ditimbulkan. Kamu pasti akan cukup dibuat frustasi dengan masalah jerawat ini. Untuk itu pastikan kamu menghindari kebiasaan buruk yang membuat jerawat betah.

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Nggak Hilang-Hilang

Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Terkadang kamu tidak bisa menghindari faktor tersebut, seperti faktor hormon misalnya. Namun untuk menghilangkan jerawat kamu bisa menghindari kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Berikut ini kebiasaan buruk sebagai penyebab jerawat nggak hilang-hilang:

1. Malas Mencuci Muka
Mencuci muka harus dilakukan sesering mungkin jika wajah kamu banyak jerawat. Hal ini untuk menghindari bakteri yang menempel di wajah. Jerawat juga bisa disebabkan oleh bakteri. Oleh sebab itu wajah yang kotor juga berkontribusi penuh membuat jerawat kamu tidak kunjung hilang. Sel-sel kulit mati juga akan menghambat pori-pori dan timbul lagi jerawat baru. Hindari itu semua dengan merubah kebiasaan kamu yang malas cuci muka. Cuci muka sampai bersih dengan menggunakan sabun khusus muka.

2. Sering Memegang Jerawat
Entah karena geram atau gemas dengan jerawat yang menempel di wajah, kamu jadi sering menyentuhnya. Padahal jerawat yang sering tersentuh tangan dan dipegang akan mudah meradang. Hindari kebiasaan memegang jerawat. Biarkan jerawat kamu tumbuh alami tanpa harus dipegang-pegang. Memegang jerawat akan membuat jerawat menjadi menghitam, belum lagi jika tangan kamu yang memegang jerawat dalam kondisi kotor. Masalah yang disebabkan bisa jadi lebih kompleks.

BACA JUGA: Pemicu Kebotakan yang Harus Kamu Tahu, Nomor 2 Paling Berbahaya

3. Memencet Jerawat
Jerawat besar yang sudah terlihat bernanah memang terkadang membuat geram. Hal ini sering membuat kamu tidak sabar dan memencet jerawat tersebut. Memang benar jerawat tersebut akan kempes, tapi itu hanya sebentar. Setelah itu jerawat kamu akan tumbuh lagi malah dalam kondisi yang lebih parah. Jerawat kamu juga bisa mengalami infeksi kuman dan bakteri. Hal ini akan membuat jerawat kamu bengkak dan bernanah. Bahkan dalam kasus yang serius infeksi pada jerawat juga bisa menyebabkan pembengkakan pada wajah. Jika wajah kamu sudah bengkak, mau tidak mau kamu harus segera ke dokter, untuk menghindarkan resiko lebih parah.

4. Menempelkan Benda Kotor Ke Wajah
Kebiasaan ini sering tidak kamu sadari. Benda kotor di sini bukan sampah atau yang lainnya. Namun benda-benda yang sering kamu gunakan sehari-hari. Contohnya handphone, jilbab dan topi. Ketiga benda tersebut akan langsung bersetuhan dengan area wajah kamu. Handphone misalnya akan langsung bersentuhan dengan pipi kamu saat kamu sedang bertelepon. Apakah kamu sudah menjamin jika handphone tersebut bersih dari bakteri. Topi dan jilbab yang kamu gunakan juga harus selalu bersih. Terkadang seseorang suka menggunakan topi yang sama setiap hari. Topi tersebut juga bersentuhan langsung dengan kening. Pastikan topi dalam keadaan bersih.

Kini kamu sudah tahu kebiasaan buruk apa yang bisa menyebabkan jerawat kamu nggak hilah-hilang. Bila perlu untuk segera menghilangkan jerawat, kamu bisa datang ke klinik kecantikan terdekat di kotamu dan segera lakukan facial atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Tenang, nggak semua konsultasi dokter harus bayar kok. Udah saatnya wajah kamu terbebas dari jerawat dan masalah kulit lainnya ya.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like