Ketombe Menempel Di Hijab? Salah Satu Cara Menghilangkan Ketombe Paling Ampuh Ini Bisa Kamu Coba

0 Shares
0
0
0

Bagi para hijabers, berbagai ancaman permasalahan rambut kerap kali mengintai. Salah satu permasalahan rambut yang sering dijumpai wanita berhijab adalah ketombe. Hal ini terjadi karena rambut yang tertutup jilbab membuat suhu di kepala naik dan sirkulasi menjadi terhambat. Alhasil, udara terjebak di dalam dan membuat produksi minyak tertimbun di kepala sehingga menjadikannya lembab. Nah, udara lembab inilah yang dapat menyebabkan ketombe semakin menyebar luas dan bahkan menempel di hijabmu. Hal ini tentu membuat risih. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi ketombe secara alami. Bahan alami tersebut antara lain baking soda, lidah buaya, jeruk nipis, dan garam. Yuk, simak informasi lebih detailnya.

1. Baking Soda
Cara pertama untuk mengusir ketombe di rambutmu adalah menggunakan baking soda. Baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue ini ternyata mampu mempengaruhi produksi kelenjar minyak pada kulit kepala lho. Bahkan, baking soda juga mampu menekan jamur dan bakteri yang ada di kulit kepala.

Cara menggunakannya yaitu dengan menuangkan satu sendok baking soda pada segelas air putih. Setelah itu, aduk hingga merata dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Jangan lupa sambil dipijat ya! Setelah selesai, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

BACA JUGA: Selain Wajah, 3 Bagian Tubuh Ini Juga Perlu Dirawat!

2. Lidah Buaya
Cara berikutnya yaitu dengan tanaman lidah buaya. Lidah buaya yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk merawat rambut. Bahkan, banyak produk yang menggunakan bahan baku tanaman ini untuk membuat shampo dan perawatan rambut lainnya. Hal ini dikarenakan, lidah buaya mengandung mineral, asam amino, vitamin (A, C, dan E). Nah, kandungan-kandungan tersebut yang menjadikan tanaman ini sangat cocok digunakan untuk merawat rambut rusak, khususnya ketombe.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu cukup memotong lidah buaya tersebut dan oleskan lendirnya secara merata pada rambut. Setelah itu, diamkan sekitar 20-30 menit. Jika sudah selesai, kamu bisa membilasnya hingga bersih. Mudah kan? Selain mengatasi, tanaman ini juga dijadikan salah satu cara mencegah ketombe datang lagi, lho.

3. Jeruk Nipis
Buah dengan rasa masam ini dapat dijadikan alternatif untuk memusnahkan ketombe, lho. Hal ini dikarenakan jeruk nipis dapat melunturkan minyak pada kulit kepala. Dengan demikian, jamur penyebab ketombe yang ada di kulit rambutmu bisa kabur deh. Hebatnya lagi, buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang sangat berkhasiat mengusir ketombe.

Kamu bisa langsung menggunakan air perasan buah tersebut dan menggosokannya pada kulit kepala dan juga rambut. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan air perasan buah tersebut pada shampomu untuk keramas. Kemudian, usapkan secara merata pada rambut dan juga kulit kepala. Nah, kalau sudah selesai, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. Sangat praktis bukan?

4. Garam
Cara berikutnya adalah dengan menggunakan garam. Ya, bumbu dapur ini tidak hanya dijadikan penyedap masakan, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir ketombe. Hal ini dikarenakan bumbu dapur ini memiliki sifat antiseptik yang dapat menghilangkan jamur penyebab ketombe pada kulit kepala. Caranya yaitu mencampurkan garam secukupnya pada shampo yang akan kamu gunakan untuk keramas. Kalau sudah, kamu bisa mengusapkannya pada rambut secara merata. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air sampai bersih.

BACA JUGA: Malu Punya Rambut Botak Dan Tipis? Alpukat Dan Greentea Bisa Membantumu Mengatasinya Kok!

Ternyata menghilangkan ketombe butuh ketelatenan dan kesabaran ya? Eits tapi nggak hanya dua hal itu aja loh yang harus kamu punya, kamu juga wajib memilih produk rambut yang tepat sehingga ketombe dan masalah rambut nggak terjadi pada rambutmu. Nah kamu dianjurkan untuk memilih rangkaian produk rambut berbahan alami tea tree. Untuk mendapat hasil yang terbaik, kamu bisa melakukan hair treatment di klinik kecantikan terdekat di kotamu, seperti Larissa Aesthetic Center. Tuhkan nggak ada alasan untuk bilang rambut berketombe terus. Udah saatnya kamu beralih ke bahan alami untuk mendapatkan rambut yang sehat dan terbebas dari ketombe. Karena rambutmu butuh nutrisi dan perawatan terbaik juga lho.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like