Setiap orang memiliki sifat, perilaku, pengalaman dan kebiasaan yang berbeda. Hal-hal tersebut tentunya sangat mempengaruhi bagaimana cara mereka bersikap sebagai pembeli. Sebagai seller, kamu harus tau nih bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka dalam melakukan promosi agar pesan dalam promosi dapat langsung mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Setiap tipe memiliki cara-cara promosi tersendiri lho! Penasaran?Yuk lanjut!
1. Si Newbie
Pembeli baru adalah orang yang baru pertama kali melakukan pembelian. Tipe pembeli ini tidak bisa ditinggalkan begitu saja lho! Meskipun dia sudah membeli produk dan kamu telah mendapatkan untung, pastikan kamu memberikan kontak yang dapat dihubungi jika dia menghadapi kendala. Hal ini akan membuat mereka merasa dilayani dengan baik sehingga akan muncul keinginan untuk repeat order!
2. Si Setia
Senang banget gak sih kalau kita sudah memiliki pembeli yang loyal? Tipe pembeli ini merupakan tipe yang harus kamu pertahankan dan diberikan layanan terbaik. Tipe pembeli ini biasanya akan terus melakukan pembelian ulang dan menjadikan produkmu sebagai pilihan yang paling top. Nah cara menarik pembeli tipe ini adalah dengan melakukan mereka secara spesial. Siapa sih yang gak senang kalau diperlakukan secara spesial? Pasti bakal senang banget dong! Begitupun dengan pembeli nih, kalau mereka sudah merasa senang dan dihargai pasti akan muncul perasaan emosional yang membuat pembeli terikat denganmu yang kemudian akan mendorong mereka terus membeli!
3. Si Potensial
Belum membeli produk tetapi sudah kepo produk yang kamu jual. Pembeli tipe ini harus dijadikan prioritas nih karena sebenarnya mereka telah mengetahui produkmu dan memiliki niat untuk membeli. Gimana sih caranya agar mereka membeli produkmu? Nah kamu bisa banget nih ‘memancing’ mereka dengan promo yang hanya berlaku dalam waktu singkat atau menyampaikan pada mereka kalau stok barang tersebut terbatas. Dijamin deh, dengan cara ini mereka akan segera melakukan transaksi!
4. Si Kritis
Pernah gak ketemu tipe pembeli yang banyak nanya? Mulai dari menanyakan harga, cara kerja produk, manfaat, promo yang sedang berlangsung, menanyakan perbedaan produkmu dengan kompetitor, wah pokoknya semuanya ditanyain deh! Nah kalau kamu ketemu sama tipe pembeli seperti ini kamu harus siap menjelaskan apapun yang dia tanyakan dengan detail. Pokoknya harus sejelas mungkin deh! Hal itu akan membuat mereka merasa puas dan langsung beli produkmu!
5. Si Peragu
Tipe ini sebenarnya memiliki potensi untuk membeli produkmu tapi mereka masih ragu-ragu karena banyaknya pertimbangan yang ada. Seperti tipe kritis, dia gemar bertanya dan setelah kamu menjawabnya dengan detail, dia tidak akan langsung membeli, nah lho?
Pembeli tipe ini akan meyakinkan dirinya sendiri dengan cara kepo-kepo kolom testimoni pembelian. Setelah banyak pembeli yang merasakan manfaat dari produk tersebut dia akan merasa yakin bahwa produkmu memang “worth it” untuk dibeli! Nah tentunya cara untuk membuat pembeli tipe ini melakukan pembelian adalah dengan membuat testimoni pelanggan, hal ini membuatnya yakin dan tentunya akan membeli produkmu!
Itulah tipe-tipe pembeli dan cara menarik perhatiannya! Nah, jangan lupa setelah ini cari tahu seperti apa tipe calon pembelimu dan susun strategi agar mereka membeli produkmu untuk bisa memaksimalkan keuntungan. Selamat mencoba ya!