Testimoni adalah sebuah kesaksian pelanggan terhadap suatu produk barang atau jasa. Testimoni ini dianggap cukup penting untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan. Selain itu, testimoni juga bisa menjadi daya tarikĀ bagi pelanggan baru karena melihat sudah banyaknya kesaksian puas terhadap produk yang kamu jual. Suatu transaksi perdagangan perlu dilandasi rasa kepercayaan dan saling membutuhkan. Penjual mengharapkan keuntungan dari transaksi dan pelanggan membutuhkan produk tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Lalu bagaimana dengan bisnis online yang tidak bisa kita lihat secara langsung? Salah satu caranya adalah dengan memilih toko online yang sudah sering dibeli banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa banget melihat dari testimoni orang-orang yang sudah pernah membeli produk di toko online. So, seberapa penting sih testimoni bisnis online ini?
1. Mengapresiasi Pelanggan
Adanya testimoni pelanggan dalam akun toko onlinemu akan membuat pelanggan yang telah membeli produkmu merasa terapresiasi. Biasanya, pembeli akan tersanjung dan merasa dihargai saat kamu menganggap penting testimoni mereka. Nah, kalau pelanggan sudah merasa tersanjung dan happy, kemungkinan mereka untuk membeli produkmu akan semakin besar!
2. Menumbuhkan Kepercayaan
Kepercayaan merupakan modal utama saat menjalankan usaha dalam jangka panjang, Untuk membuat pelanggan membeli produkmu terus menerus dibutuhkan kunci yaitu kepercayaan, Mintalah para pelanggan yang sudah membeli produk untuk menuliskan testimoninya. Semakin banyak testimoni yang tertulis dalam bisnis onlinemu, secara tidak langsung akan menumbuhkan kepercayaan calon pelanggan. Nah dengan begitu, ketertarikan calon pelanggan terhadap sebuah produk akan semakin bertambah
3. Sebagai Bahan Evaluasi
Testimoni bisa diartikan dalam bentuk bukti kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan. Saat sebuah testimoni berisi kritik, jadikanlah hal tersebut sebagai motivasimu untuk memperbaiki diri dan sistem bisnismu. Kritikan dibutuhkan bagi pertumbuhan bisnis itu sendiri. Adanya kritikan dari pelanggan kamu bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi terhadap bisnis pada masa depan.
Nah, itu dia pentingnya testimoni dalam bisnis onlinemu. So, tunggu apalagi? Yuk kumpulkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya!