Ini Dia Olahraga Yang Baik Sesuai Dengan Umur Kita

0 Shares
0
0
0

Ini Dia Olahraga Yang Baik Sesuai Dengan Umur Kita

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dibandingkan dengan hal lainnya. Untuk menjaga kesehatan perlu melakukan olahraga secara teratur, namun setiap olahraga haruslah disesuaikan dengan umur agar olahraga sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing. Olahraga juga menjadi penting dilakukan secara rutin seiring dengan pertambahan usia.

Umumnya setiap orang akan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan kebutuhan. Untuk menjaga kesehatan perlu melakukan olahraga secara rutin dan sesuai dengan umur kita, berikut ini beberapa olahraga yang sesuai dengan umur kita.

1. Olahraga di umur 20
Kebiasaan berolahraga penting dimulai oleh orang di usia 20-an. Sebuah studi yang dilakukan JAMA Internal Medicine pun mengungkap latihan kardio bagus untuk mereka. Para partisipan yang lari paling tidak 10 menit dalam tes memiliki risiko kematian 50% lebih rendah setelah diuji beberapa tahun setelahnya. Riset ini menyarankan Anda berlari 30 menit lima kali seminggu.

Selain kardio, orang-orang muda juga dianjurkan melakukan yoga. Alasannya, wanita dan pria di usia 20-an baru menghadapi permasalah hidup. Yoga bisa membantu mereka agar tidak stres, kesulitan tidur, depresi, atau sakit. Studi menyarankan agar latihan ini dilakukan dua kali seminggu.

2. Olahraga di umur 30
Di usia 30-an, metabolisme mulai menurun sehingga berat badan lebih cepat naik hingga dua kg setahun. Begitu juga dengan otot tubuh yang semakin lemah dengan seiring pertambahan usia. Karenanya, coba lakukan interval training serta angkat beban ketika nge-gym. Lakukan angkat beban dua sampai tiga set dan fokus pada bagian dada, kaki, dan pundak.
3. Olahraga di umur 40
Meski keadaan tubuh tidak seprima dulu, sebaiknya Anda tetap berolahraga bahkan jika bisa lebih sering. Menurut penelitian dari Medicine & Science in Sports Exercise, latihan akan melindungi telomer atau bagian ujung DNA yang semakin pendek seiring bertambahnya usia. Orang yang aktif secara fisik di usia 40-an memiliki pun risiko pemendekan telomer lebih kecil sehingga sel-selnya tetap bertahan. Dianjurkan untuk fokus pada latihan angkat beban, jogging, berjalan, atau bersepeda.

4. Olahraga di umur 50
Kepadatan tulang menurunkan setelah wanita mengalami menopause. Untuk itu, orang di usia 50-an dianjurkan melakukan olahraga seperti tennis, hiking, dan menari. Latihan-latihan tersebut bisa menjaga kekuatan tulang sehingga Anda dapat beraktivitas dengan normal. Lakukanlah olahraga selama 30 menit dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

Kemudian perhatikan pula kesehatan kaki Anda. Penelitian dari Gerontology pun mengungkap jika wanita di usia 50-an dengan kaki yang kuat juga memiliki kemampuan otak yang baik. Karenanya, studi itu menyarankan Anda coba lakukan lari, skipping, atau menari tiga kali seminggu dengan durasi 45 menit.

5. Olahraga di umur 60
Angkat beban dengan berat yang sedang perlu dilakukan Anda yang berusia 60 tahun ke atas. Coba variasikan gerakan dengan bumble yang melatih seluruh tubuh. Lakukanlah selama 40 menit dua kali seminggu. Kemudian pastikan pula bila Anda tetap aktif berkegiatan yang juga baik untuk kesehatan, misalnya berjalan atau berkebun. Hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari diabetes, penyakit hati, dan kanker. Pastikan pula bila tubuh bergerak selama 30 menit setiap hari.

Demiikian dear, semoga informasi mengenai olahraga yang baik sesuai dengan umur kita ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Simak informasi lainnya tentang kesehatan dan kecantikan alami hanya di website Larissa Aesthetic Center.

 

 

 

 

 

 

Sumber : wolipop.com

0 Shares
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like