Kenali Jenis Jerawat Dan Penyebabnya

0 Shares
0
0
0

Penyebab Jerawat – Jerawat jadi permasalahan kulit yang selalu bikin cemas dan nggak pede untuk tampil. Kalau lagi ada jerawat, rasanya pengen cari cara paling cepat untuk bisa membuatnya pergi. 

Secara sederhana jerawat bisa muncul karena produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati. Namun kalian tau nggak sih kalau ada beberapa jenis jerawat lho. Nah apa saja jenis-jenis jerawat yang sering muncul inil? Yuk simak beberapa jenis jerawat dan penyebab jerawat. 

Baca juga : Cara Simple Mempercantik Diri Pakai Paket Perawatan Wajah Di Rumah

Jenis dan Penyebab Jerawat

1. Komedo Putih (Whiteheads) 

Tau nggak sih kalau komedo sebenarnya merupakan bentuk dasar dari jerawat. Komedo akan terlebih dahulu muncul sebelum jerawat. Hormonmu jadi salah satu faktor yang berperan dalam timbulnya komedo putih lho.

Penyebab jerawat ini dapat muncul di saat-saat tertentu seperti masa puber, atau saat menstruasi. 

2. Komedo Hitam (Blackheads)

Hampir serupa dengan komedo putih, jerawat ini juga disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. 

Warna hitam pada ujung jerawat ini bukan disebabkan oleh kotoran atau debu, melainkan oleh pigmen kulit yang meningkat, sehingga tidak dapat dibersihkan. Penyebab jerawat ini juga bisa karena kamu kurang menjaga kebersihan kulit lho! 

3. Jerawat Pasir (Bruntusan) 

Bruntusan adalah jenis jerawat kecil yang berkembang. Jerawat ini tak selalu dapat terlihat, namun bisa dirasakan ketika disentuh. 

Penyebab jerawat ini antara lain tekanan pori-pori, panas, dan gesekan di permukaan kulit. Apabila gesekan terus terjadi, maka dapat berakibat pada berkembangnya jerawat pasir. 

4. Papula 

Papula adalah jenis jerawat yang ditandai dengan benjolan kecil kemerahan. Penyebab jerawat ini adalah penyumbatan yang tidak sampai ke permukaan kulit dan menumpuknya sel kulit mati. 

Sebum dan bakteri dapat tersumbat yang akhirnya menyebar. Hal ini akhirnya menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada jerawat papula. 

Jerawat papula biasanya juga dapat terjadi apabila komedo putih dan komedo hitam tidak mendapat penanganan yang tepat. 

Kamu juga wajib baca : Pahami Urutan Pemakaian Skincare Yang Tepat!

5. Pustula

Tak jauh berbeda dengan jerawat papula, jerawat jenis ini disebabkan oleh komedo yang meradang. Jerawat ini biasanya ditandai dengan benjolan dasar berwarna merah, dengan ujung berwarna putih. Jerawat pustula berisi nanah.

Jika kamu punya jerawat jenis ini, maka sebaiknya hindari untuk memencet jerawat ini. Pasalnya, jerawat ini termasuk jenis jerawat yang parah dan termasuk jerawat inflamasi. 

6. Nodul

Kalau kamu punya jerawat jenis ini, sebaiknya kamu perlu berhati-hati. Jerawat Nodul termasuk jenis jerawat parah yang meradang. Pada dasarnya penyebab jerawat ini sama dengan beberapa jenis lainnya, hanya saja Nodul terjadi akibat peradangan yang telah menembus kulit dalam. 

Jerawat nodul cenderung memberikan rasa nyeri.Jangan pencet jerawat ini kalau kamu nggak mau ada bekas jerawat yang ganggu penampilan cantikmu.

7. Jerawat Batu (Kistik)

Penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih jadi sumber munculnya jerawat kistik atau sering dikenal dengan jerawat batu. Benjolan jerawat akan terjadi apabila ada peradangan di jaringan kulit. 

Jerawat jenis ini juga cenderung memberikan rasa sakit yang tak tertahankan. Jangan tunda untuk menangani jerawat batu. Sebab jerawat ini bisa meradang dan akan memecah pori pori lho! Hii jangan sampai hal itu terjadi ya.

Nah itu tadi beberapa jenis jerawat dan penyebabnya. Area wajah merupakan area yang paling sering muncul jerawat. Namun, tidak menutup kemungkinan jerawat akan timbul di beberapa area tubuh yang lain seperti punggung dan leher, kulit kepala, hingga vagina. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu menjaga kebersihan di seluruh area tubuhmu agar terhindar dari jerawat ya. 

Baca juga : Manfaat Serum Larissa

Konsultasikan masalah jerawatmu secara Gratis melalui Whatsapp, dan dapatkan solusi terbaik untuk jerawatmu.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like