Ladies, Ini 6 Kandungan Skincare Untuk Mencegah Penuaan Dini

0 Shares
0
0
0

Skincare Untuk Mencegah Penuaan Dini – Ladies, siapa sih yang nggak khawatir akan tanda penuaan dini pada wajah? Flek hitam, kulit kering, garis halus, dan masih banyak lagi. Rasanya hampir semua wanita selalu ingin tampil awet muda. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, penuaan selalu menyertai kita.

Faktanya, tanda penuaan dini tidak mengenal usia. Pada usia muda pun, tanda penuaan dini bisa muncul. Untuk mencegah tanda penuaan dini, kamu bisa rutin menggunakan skincare yang memiliki fungsi anti-aging. Eits, tapi jangan salah pilih skincare ya ladies!

Sebelum memilih skincare mana yang cocok untuk kulitmu, ada baiknya kamu memperhatikan setiap kandungan dalam skincare. Ini dia beberapa rekomendasi kandungan skincare untuk mencegah penuaan dini.

Baca juga : Kenali Jenis Jerawat Dan Penyebabnya

Kandungan Skincare Untuk Mencegah Penuaan Dini

1. Retinol

Kandungan merupakan bahan aktif dari vitamin A. Retinol sering ditemui dalam skincare yang digunakan di malam hari. Di tahun 1970an, retinol kerap digunakan untuk obat jerawat. Dewasa ini, para peneliti menemukan fungsi lain dari retinol, yakni mencegah penuaan dini.

Kandungan retinol merupakan salah satu aktor utama dalam skincare untuk mencegah penuaan dini. Pasalnya, retinol memiliki peran untuk merangsang produksi kolagen. Tak sampai di situ, retinol juga berperan untuk mempercepat pergantian sel-sel kulit mati. Sehingga kulit semakin halus.

Penggunaan retinol hanya boleh dilakukan di malam hari. Sebab bahan aktif ini memiliki fungsi eksfoliasi yang kuat dan dapat membuat kulit jauh lebih sensitif terhadap matahari.

Penggunaan retinol di malam hari akan memaksimalkan fungsi pengangkatan sel kulit mati. Sehingga baik untuk mencegah penuaan dini.

2. Hyaluron Acid

Salah satu tanda penuaan dini timbul dari reaksi kulit kering. Artinya, kamu perlu memastikan bahwa kulitmu telah terhidrasi dengan sempurna untuk menghindari munculnya tanda penuaan, seperti kerutan.

Untuk menghindari hal itu terjadi, kamu perlu menggunakan skincare yang mampu memenuhi kebutuhan hidrasi kulitmu. Salah satunya dengan hyaluronic acid.

Sebenarnya apa sih hyaluronic acid itu? Hyaluronic acid atau yang biasa disingkat dengan HA merupakan molekul karbohidrat dan komponen alami dari kulit kita sendiri.

HA adalah molekul inti dari kelembaban kulit dan memiliki fungsi unik yang dapat mengikat molekul air di dalam tubuh. HA mampu mengikat hingga 1000 kali beban tubuhnya sendiri di dalam molekul air.

Jumlah HA dalam tubuh kita akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Artinya kulitmu akan semakin kering dan dapat menimbulkan kerutan. Oleh karenanya kamu butuh menambahkan HA ke dalam kulitmu dengan bantuan skincare yang memang mengandung HA.

HA juga punya sifat yang mudah meresap ke kulit. Sehingga kamu akan merasakan efek lembab pada kulit sesaat setelah kamu mengaplikasikan HA.

Kamu wajib baca : Pahami Urutan Pemakaian Skincare Yang Tepat!

3. AHA dan BHA

AHA dan BHA berasal dari golongan hydroxy acids. Kandungan ini mampu membantu kulitmu semakin halus dan kenyal. Pada dasarnya, kandungan AHA BHA memiliki peran eksfoliasi, atau mengangkat sel-sel kulit mati.

Meskipun sering bersama, AHA dan BHA ternyata punya perbedaan lho! AHA adalah singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, sedangkan BHA merupakan singkatan dari Beta Hydroxy Acid.

AHA akan membantu proses pengelupasan kulit bagian luar, sehingga mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Berbeda dengan AHA yang bekerja di kulit bagian luar, BHA akan menembus pori untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori dan mengikat minyak berlebih.

Kandungan ini disarankan bagi kamu yang punya kulit normal dan berminyak. AHA dan BHA dapat membantu fungsi hidrasi pada kulitmu.

Baca juga : Cara Simple Mempercantik Diri Pakai Paket Perawatan Wajah Di Rumah

4. Niacinamide

Kalau kandungan yang satu ini, jelas sudah terkenal banget ya. Niacinamide merupakan bagian dari vitamin B3.

Niacinamide dipercaya dapat mencegah kulit kekurangan kadar air. Kadar air yang cukup sangat penting dalam mencegah penuaan dini.

Kandungan ini juga berperan untuk memperlambat produksi melanin ke lapisan kulit. Tak hanya itu, niacinamide juga berfungsi dalam memperbaiki skin barrier. Sehingga kulit tampak lebih cerah, terasa sehat, kenyal, dan tentunya jauh dari tanda penuaan dini.

5. Vitamin C

Kandungan yang terkenal dalam buah jeruk ini ternyata juga punya peran untuk mencegah penuaan diri lho. Vitamin C memang dikenal sebagai salah satu kandungan yang mampu mencerahkan wajah.

Namun, dalam hal mencegah penuaan dini, Vitamin C bekerja dengan menghambat pertumbuhan pigmen melanin, menangkal radikal bebas, dan membantu produksi kolagen. Kandungan ini juga aman digunakan semua jenis kulit.

6. Kolagen

Kalau dari tadi beberapa kandungan bekerja dengan merangsang produksi kolagen, kamu juga bisa mendapatkan kolagen tambahan dari luar. Kolagen merupakan sejenis protein. Zat ini mampu mencegah penuaan dini dengan menambah kadar kolagen dalam kulit.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen makin menurun hingga memunculkan berbagai tanda penuaan. Sebuah riset membuktikan kolagen mampu mengurangi tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Itu lah 6 kandungan skincare untuk mencegah penuaan dini. Kamu bisa menemukan kandungan-kandungan tersebut dalam berbagai jenis skincare, mulai dari facial wash, toner, serum, moisturizer, hingga masker.

Kamu juga wajib baca ini : Manfaat Serum Larissa

Siap-siap wajahmu jadi awet muda. Siap menggunakan kandungan skincare tersebut? Konsultasikan skincare yang cocok dengan kebutuhan kulitmu dengan dokter profesional !

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like