Masalah Yang Sering Terjadi Pada Macam-Macam Jenis Kulit

0 Shares
0
0
0

Selama ini, kamu tidak akan pernah terlepas dari berbagai masalah, termasuk masalah kulit wajah. Untuk masing-masing jenis kulit, beda-beda lhoo masalahnya. Kamu mempunyai jenis kulit apa? Kulit normal? Sensitif, berjerawat, berminyak, atau jenis kulit lainnya? Ini dia macam-macam masalah pada kulit wajah sesuai jenisnya.

1. Kulit Normal

Berbahagialah kamu yang memiliki jenis kulit normal, karena tidak ada masalah khusus untuk kulitmu. Namun, kamu harus tetap merawat kulit dengan perawatan yang tepat yaa. Berikut kriteria kulit berjenis normal.

  1. Ukuran pori-pori kecil.
  2. Menampilkan kecerahan warna kulit yang sesungguhnya.
  3. Senantiasa kenyal dan kencang.
  4. Memiliki kelembaban yang cukup.
  5. Memiliki elastisitas yang bagus, lembut dan padat saat disentuh.
  6. Minyak yang dikeluarkan seimbang.

2. Kulit Berminyak

Stratum Corneum tampak berkilat dan berlapis tebal, dengan pori-pori besar sehingga mudah menyerap kotoran. Kelenjar minyak sangat produktif, hingga tidak mampu mengontrol jumlah minyak yang harus dikeluarkan. Jika lapisannya tertutup oleh kotoran, debu atau kosmetik akan menyebabkan sumbatan kelenjar sehingga terjadi pembengkakan jerawat. Hal ini merupakan masalah kulit wajah wanita pada umumnya. Untuk mencegah munculnya komedo maupun jerawat, pilihlah produk kosmetik yang sesuai.

Kamu Wajib Tahu : 6 Facial Yang Harganya Di Bawah 100 Ribu! Nyesel Deh Kalau Nggak Coba

3. Kulit Kering

Untuk tipe kulit yang satu ini, lumayan repot untuk merawatnya dan sebaiknya menggunakan pelembab secara rutin. Ini beberapa karakteristik dan masalah yang dialami kulit kering.

  1. Kelenjar minyak tidak memberi cukup lubrikasi untuk kulit, akibatnya kulit menjadi kekeringan.
  2. Kandungan lemak pada kulit sangat sedikit, Dampaknya kulit menjadi mudah terjadi penuaan dini yang ditandai keriput dan kulit terlihat lelah.
  3. Kulit halus tetapi dengan mudah menjadi kasar dan terlihat kusam.
  4. Tidak terdapat minyak berlebih pada daerah T (dahi, hidung, dan dagu)
  5. Mudah timbul kerutan, noda hitam dan bersisik.
  6. Gunakan pelembab yang sesuai untuk kulit kering secara teratur, akan lebih baik jika pelembab tersebut mengandung tabir surya.

4. Kulit Kombinasi

Kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kering.Terbilang cukup sulit merawat jenis kulit yang satu ini. Kenapa? Baca uraian berikut.

  1. Pada jenis kulit ini produksi air dan minyak dari kelenjar minyak tidak seimbang pada daerah-daerah tertentu terutama daerah T-zone.
  2. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak ini menyebabkan wajah berkilat, berpori-pori lebar serta sering menimbulkan komedo.
  3. Tekstur kulit sesuai jenisnya. Untuk kulit di area berminyak, akan terjadi penebalan, sedangkan di area normal atau kering, kulit akan terlihat tipis.
  4. Kadar minyak di wajah tidak merata.

Karena itu, perawatan kulit kombinasi memerlukan perawatan khusus, untuk area kulit berminyak di rawat dengan perawatan untuk kulit berminyak, sedangkan area kulit kering atau normal dirawat sesuai jenis kulit tersebut.

Kamu Wajib Tahu : Bekas Jerawat Ganggu Penampilanmu? Atasi Dengan Treatment Penghilang Bekas Jerawat Ini Yuk!

5. Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya adalah kulit yang berjerawat karena mudah memberikan reaksi negatif terhadap kosmetik yang kurang cocok pada jenis kulit ini. Apa aja ciri-ciri kulit sensitif? Yuk cek sekarang

  1. Warna lebih terang dan kulit lebih halus.
  2. Kulit kering pada daerah tertentu.
  3. Mudah bereaksi negatif terhadap kosmetik yang tidak cocok dengan kulit, debu, polusi maupun kotoran walau hanya sedikit (timbul bentol merah, gatal, muncul rasa terbakar.
  4. Kulit mudah terlihat kemerahan karena pembuluh darah kapiler dan ujung saraf berada sangat dekat dengan permukaan kulit.
  5. Kulit ini lebih tipis dari jenis kulit lain sehingga sangat peka terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan iritasi, karena itu gunakan kosmetik yang telah teruji secara klinis .

Cukup banyak bukan macam-macam masalah wajah yang ada? Jangan khawatir. Kamu bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Namun, Jika kamu masih ragu dengan jenis kulit wajah kamu atau cara terbaik untuk merawat kulit wajahmu, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit yang dapat merekomendasikan perawatan kulit yang tepat. Atau kamu juga bisa datang langsung ke klinik kecantikan Larissa Aesthetic Center untuk melakukan berbagai perawatan kulit yang tepat sesuai kulit wajahmu.

Mau Tahu Facial Yang Tepat Buat Kamu?
Langsung Klik Di Bawah Ini Ya

Untuk Produk Wajah Yang Tepat Buat Kamu
KLIK DI BAWAH INI

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like