Ups, Sering Memakai Topi Bisa Memicu Ketombean Lho, Waspadai Yuk!

0 Shares
0
0
0

Menggunakan topi menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Memang memakai topi memberikan kenyamanan tersendiri. Bahkan sebagian besar orang memilih memakai topi karena masalah fashion. Tapi, beredar banyak berita jika topi merupakan salah satu penyebab ketombe. Ini tentu mengejutkan banyak pecinta topi. Padahal topi dianggap sebagai salah satu benda wajib yang harus dibawa, tapi sekarang justru dituduh sebagai penyebab rambut berketombe. Sebenarnya topi bukanlah penyebab ketombean. Namun, cara pemakaian topilah yang dapat memancing timbulnya ketombe. Penggunaan topi kotor, terlalu ketat sampai dengan penggunaan topi dengan bahan yang tidak menyerap keringat harus dihindari. Karena hal-hal tersebut merupakan pemicu munculnya ketombe pasca penggunaan topi. Untuk itu kamu harus menghindari hal-hal tersebut agar terhindar dari ketombe.

Pemakaian Topi yang Harus Kamu Hindari

Ada beberapa pemakaian topi yang harus kamu hindari. Jika dipaksakan justri akan memancing timbulnya ketombe. Padahal adanya ketombe tentu membuat tidak nyaman karena gatal di kulit kepala. Selain itu ketombe membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Berikut cara pemakaian topi yang harus kamu hindari.

1.Topi yang Kotor
Pertama kamu harus menghindari pemakaian topi yang kotor. Topi yang kotor akan memancing timbulnya ketombe. Ini karena membuat kulit kepala menjadi tidak sehat. Bayangkan jika ada banyak kotoran yang menumpuk di topi lalu berpindah ke kulit kepala. Tidak menutup kemungkinan ini menyebabkan kulit kepala menjadi tidak sehat. Sehingga kulit kepala menjadi terkelupas. Inilah awal timbulnya ketombe. Jadi jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan topimu ya.

BACA JUGA: Malu Punya Rambut Botak Dan Tipis? Alpukat Dan Greentea Bisa Membantumu Mengatasinya Kok!

2.Bahan Topi Tidak Menyerap Keringat
Selanjutnya ada bahan topi yang tidak menyerap keringat. Keringat yang berlebihan dapat memacu timbulnya ketombe. Apalagi jika keringat itu bercampur dengan kombinasi udara pengap di dalam topi. Keringat yang menumpuk di kulit kepala yang tertutup topi menjadi penyebab rambut berketombe. Inilah awal dari munculnya ketombe berkepanjangan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencari bahan topi yang menyerap keringat. Sehingga kondisi berkeringat dapat diatasi dengan bahan yang menyerap keringat tersebut. Ketika akan membeli topi, sebaiknya tanyakan terkait bahan pada penjual topi atau pramuniaga. Pilih topi yang memiliki bahan bagus serta menyerap keringat. Sehingga topi yang kamu kenakan tidak menjadi penyebab ketombean.

3.Memakai Topi Saat Rambut Basah
Memakai topi saat rambut basah menjadi sesuatu yang harus kamu hindari. Ketika kamu memakai topi dalam kondisi rambut masih basah akan memicu pengelupasan kulit mati. Ini kemudian berkembang menjadi penyebab ketombe. Karena salah satu jenis ketombe adalah ketombe akibat pengelupasan kulit mati. Tidak hanya menyebabkan ketombe namun menutup rambut basah dengan topi dapat menyebabkan rambut rontok. Merupakan kombinasi permasalahan rambut yang menyeramkan, bukan? Sebaiknya kamu menghindari memakai topi saat kondisi rambut basah. Untuk menghindarkan diri dari ketombe tunggu rambut benar-benar menjadi kering sebelum mulai memakai topi. Tidak hanya menutup rambut dengan topi saja yang harus dihindari. Namun, penutup rambut seperti kerudung juga sebaiknya dipakai setelah rambut kering.

4.Topi yang Terlalu Ketat
Keempat cara penggunaan topi yang terlalu ketat dapat memicu timbulnya ketombe. Topi yang ketat membuat aliran darah menuju kulit kepala menjadi terganggu. Ini nantinya menyebabkan penipisan rambut dan juga masalah di kulit kepala. Selanjutnya yang terjadi akan timbul ketombe beserta dengan rambut rontok.

BACA JUGA: Rambut Rusak? Yuk Pilih Serum Terbaik Untuk Rawat Dan Kilaukan Rambut

Memakai topi menjadi tren bahkan kewajiban tersendiri bagi beberapa kalangan. Sebenarnya topi bukan penyebab ketombean. Namun cara pemakaian salah pada topi menjadi penyebab rambut berketombe. Untuk menghindari ketombe sebaiknya waspada terhadap keempat cara pemakaian topi di atas. Bagi kamu yang sudah terlanjur terkena masalah ketombe segera singkirkan menggunakan perawatan rambut terpercaya yuk. Hmmm, udah banyak kok produk dan treatment rambut yang bisa kamu pilih untuk atasi rambut berketombe dan masalah rambut lainnya. Jadi tunggu apalagi?

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like