Tips Atasi Jerawat Untuk Kamu Hijabers

0 Shares
0
0
0

Saat ini semakin banyak perempuan yang memutuskan untuk menggunakan hijab, selain karena kewajiban muslimah, hijab berfungsi sebagai pelindung kulit dan rambut dari efek polusi di luaran. Namun terkadang ada masalah-masalah yang muncul di bagian wajah yang tidak tertutup hijab, salah satunya adalah jerawat. Jerawat sangat mengganggu dan terkadang membuat perih, untuk mengatasi jerawat ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk cari tahu!

1. Rajin Mengganti Inner Hijab
Kebanyakan perempuan berhijab menggunakan inner atau dalaman hijab agar tidak ada rambut yang terlihat. Sisi-sisi pinggir inner hijab menempel langsung dengan kulit wajah dan kepala, sehingga menjadi media yang baik bagi kuman untuk berkembang. Hal ini disebabkan keringat yang muncul di kepala dan sisa air wudhu terserap oleh inner hijab sehingga meningkatkan kelembaban pada area tertutup hijab dan menjadi penyebab jerawat.

Untuk cara mencegah jerawat, sebaiknya kamu rajin mengganti inner jilbab, cucilah inner yang sudah dipakai dan ganti dengan inner yang lainnya. Perhatikan pula ketika kamu memilih inner, pilihlah inner dengan bahan yang dingin dan nyaman.

2. Menjaga Kesehatan Rambut
Kondisi rambut yang kotor karena tidak dijaga kebersihannya dapat menjadi penyebab jerawat, terutama di bagian wajah yang berdekatan dengan garis rambut. Sisa kotoran dan minyak pada rambut dapat menyumbat pori-pori, apalagi jika kamu menggunakan hijab sepanjang hari tentu akan membuat kulit semakin lembab.

BACA JUGA: Kenali 4 Penyebab Rambut Rontok Ini! Untuk Kamu Yang Berhijab Bisa Coba Lho

Cara mencegah jerawat ini dengan menjaga kebersihan rambut dengan rajin mencucinya menggunakan shampoo yang tepat. Pastikan sebelum kamu menggunakan hijab agar kondisi rambut sudah kering seutuhnya. Hal ini agar rambutmu bebas dari lengket, lepek dan bau tidak sedap.

3. Membersihkan Make Up Setelah Beraktivitas
Make up dan perempuan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, begitu juga dengan perempuan yang menggunakan hijab. Dengan make up ini dapat membuat wajah lebih terlihat menarik dan membuat kepercayaan diri meningkat. Namun penggunaan make up yang tebal dapat menyebabkan sisa make up menempel dan berisiko menyumbat pori-pori kulit wajah. Hal ini tentunya dapat menjadi faktor penyebab jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan make up secara menyeluruh setelah kamu selesai beraktivitas. Misalnya saja saat sore hari kamu bisa gunakan cairan pembersih make up atau cuci dengan air bersih.

4. Pilih Bahan Hijab Yang Sejuk
Dalam memilih hijab tidak hanya warna dan motif saja yang harus diperhatikan, melainkan bahan hijab itu sendiri sangat penting diperhatikan. Karena bahan hijab ini dapat mempengaruhi kondisi rambut dan kulit wajah kamu. Bahan hijab yang tebal akan sulit menyerap keringat dan membuat kondisi rambut dan wajah menjadi lembab sehingga memicu munculnya jerawat.

Untuk mencegah jerawat muncul, pilihlah bahan hijab yang sejuk, selain nyaman digunakan karena tidak membuat gerah. Cara ini tentunya akan melindungi kamu dari munculnya jerawat.

Jaga Kesehatan Kulit Wajah Dengan Bahan Alami

Untuk menjaga kesehatan wajah agar tetap sehat dan bebas dari jerawat, kamu bisa melakukan perawatan spesial seperti facial menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk kulit. Rutin facial 1-2 kali dalam sebulan aja udah bisa membebaskan kulit wajahmu dari masalah jerawat, kulit kusam, berminyak, bahkan kerutan loh. Kebayangkan facial bisa membantu menjaga dan merawat kulit wajahmu? Gimana, masih belum mau terhidar dari masalah kulit?

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like