Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

0 Shares
0
0
0

Mengatasi Kulit Kering – Memasuki bulan puasa, kulit kering jadi masalah paling umum yang dialami. Puasa bisa membuat tubuh kekurangan asupan cairan. Akhirnya kulit jadi mudah kering. Tak sampai disitu, kulit kering bisa memberikan efek lain seperti kulit tampak kusam dan kasar.

Kondisi ini tentu akan membuatmu tidak nyaman beraktivitas. Ibadah pun dapat terganggu. Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa beribadah dengan khusyuk tanpa masalah kulit kering?

Simak penjelasannya hingga akhir.

Cara Mengatasi Kulit Kering

1. Perhatikan konsumsi air putih


Saat puasa, tubuh kita cenderung kekurangan cairan. Meskipun sedang berpuasa, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan cairanmu lho. Kamu perlu memperhatikan porsi konsumsi air putih saat berbuka dan sahur.

Gunakan metode 2-4-2 untuk menghindari dehidrasi. 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah tarawih, dan 2 gelas saat sahur. Dengan metode ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan 2 liter per hari.

Baca Juga : Gak Cukup Dengan Skincare, Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Treatment Wajah

2. Jangan lewatkan konsumsi buah dan sayur


Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kulitmu. Saat berbuka puasa, mungkin kamu lupa mengonsumsi buah dan sayur karena terlalu fokus pada hidangan utama. Padahal kedua hal ini tidak boleh terlewatkan untuk meraih kulit yang tetap sehat meski sedang berpuasa.

Selain itu, beberapa jenis buah dan sayur mengandung tambahan cairan yang bagus untuk tubuhmu. Seperti jeruk dan selada.

3. Kurangi konsumsi gorengan


Momen berburu takjil biasanya membuat kita lapar mata. Berbagai jenis gorengan yang menggugah selera jadi sasaran untuk berbuka puasa. Meski demikian, berbuka puasa tetap harus memperhatikan kesehatan ya. Jangan jadikan momen buka puasa sebagai balas dendam setelah seharian menahan lapar, sehingga bisa memilih makanan yang tak sehat.

Gorengan dapat mempercepat tubuh menjadi dehidrasi dan berpengaruh terhadap kelembaban wajah. Jadi, hindari konsumsi gorengan agar dapat mengatasi kulit kering ya.

Kamu Wajib Baca : Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

4. Gunakan pelembab dan tabir surya


Setelah melakukan perawatan dari dalam, kamu juga perlu menambahkan perawatan dari luar.

Pelembab jadi cara paling sederhana untuk mengatasi kulit kering. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu juga bisa menggunakan kembali (re-apply) pelembab setiap kali kulitmu terasa kering.

Yang tak kalah penting adalah penggunaan tabir surya. Terlebih jika kulitmu akan terpapar sinar matahari. Tabir surya dapat melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari, salah satunya menyebabkan kulit jadi kering dan kusam.

Itu dia beberapa cara sederhana untuk mengatasi kulit kering saat berpuasa. Masih penasaran dengan tips lainnya seputar kecantikan? Konsultasikan masalah kulitmu melalui WA, gratis!

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like