Pahami Urutan Pemakaian Skincare Yang Tepat!

0 Shares
0
0
0

Urutan Pemakaian Skincare – Ladies, sekarang skincare sudah menjadi hal yang melekat khususnya bagi kaum perempuan. Tak heran dunia skincare saat ini makin penuh dengan kemunculan berbagai macam skincare baru.

Para wanita berbondong-bondong mencoba berbagai jenis skincare yang ramai di pasaran. Mungkin kamu adalah salah satunya. Saking banyaknya skincare, pernah nggak sih kamu sampai bingung harus mulai pakai yang mana dulu?

Urutan pemakaian skincare jadi hal yang nggak boleh disepelekan. Pasalnya, kalau kamu keliru dalam urutan skincare, jangan heran kalau skincaremu tidak bekerja secara maksimal. Wajar sih kalau bingung, karena saking banyaknya skincare yang kamu punya.

Tenang! Kali ini, Larissa akan bagi tips untuk kamu lebih memahami urutan pemakaian skincare yang tepat!

Baca juga : Begini Cara Memperbaiki Skin Barrier

Urutan Pemakaian Skincare

1. Cleanser


Langkah pertama dalam urutan skincare adalah membersihkan segala kotoran yang menempel di kulit wajah. Terutama jika kamu menggunakan makeup, kamu perlu memastikan tidak ada sisa makeup yang menempel di wajah.

Apabila kamu langsung menggunakan pencuci muka, sisa kotoran dan makeup tidak akan terangkat secara maksimal. Justru pori-pori bisa tersumbat oleh sisa kotoran dan makeup. Nggak mau kan kulitmu jadi berjerawat karena pori-pori tersumbat?

Kamu bisa menggunakan cleanser atau makeup remover untuk membersihkan wajahmu. Oleskan secukupnya cleanser ke seluruh wajah, pijat secara lembut, dan bersihkan dengan menggunakan kapas bersih.

2. Facial Wash


Setelah sisa makeup dan kotoran terangkat, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah mencuci wajah dengan facial wash. Tahap ini juga sekaligus untuk memastikan bahwa tidak ada sisa kotoran yang masih menempel di permukaan wajah. Bonusnya, mencuci wajah dengan air dapat menyegarkan kulit wajah.

Kamu perlu memperhatikan jenis facial wash yang akan kamu gunakan. Pastikan sudah sesuai dengan jenis kulitmu. Beberapa sabun muka memiliki sifat yang dapat membuat kulit jadi semakin kering dan ketarik. Hal ini bisa kamu hindari jika jenis kulitmu kering. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu.

3. Toner


Setelah mencuci wajah, kulit akan cenderung kehilangan kelembaban alami karena sifat basa dari sabun. Oleh karena itu urutan skincare selanjutnya adalah pemakaian toner. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan kembali pH kulit.

Selain itu, penggunaan toner juga membantu dalam mengangkat sisa kotoran yang masih membandel.

Dalam pemakaian toner, kamu bisa mengaplikasikan dengan kapas maupun langsung dengan tangan. Penggunaan toner langsung di tangan dapat membantu penyerapan lebih maksimal karena sifat panas alami dari tangan. Sebelum mengaplikasikan toner, pastikan kapas atau tanganmu sudah benar-benar bersih ya.

4. Serum


Urutan skincare selanjutnya adalah penggunaan serum. Serum adalah salah satu jenis skincare yang mengandung lebih banyak zat aktif. Sehingga dianggap lebih efektif untuk meresap ke dalam kulit.

Dewasa ini jenis serum semakin banyak, menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai permasalahan kulit wajah. Sebaiknya kamu mengetahui jenis serum dan masalah kulitmu terlebih dahulu, sebelum menentukan serum yang akan kamu beli.

Cara penggunaan serum sangatlah mudah. Tuangkan secukupnya ke wajah, dan ratakan hingga ke leher. Tepuk-tepuk seluruh area wajah dan leher untuk memudahkan penyerapan serum ke dalam kulit.

Kamu wajib baca : Manfaat Serum Larissa

5. Pelembab


Walaupun kamu telah menggunakan toner dan serum yang punya kandungan melembabkan, kamu tetap perlu pakai skincare yang memastikan kelembaban kulitmu. Apalagi kalau bukan pelembab atau moisturizer.

Sesuai dengan namanya, pelembab adalah skincare yang punya fungsi mengunci kelembaban kulit wajahmu. Pelembab wajib digunakan bagi si kulit berminyak maupun kering.

Faktanya, ketika kulitmu berminyak kamu juga perlu menggunakan pelembab. Kelembaban pada kulit berminyak bukan didasari pada banyaknya kandungan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Kelembaban pada kulit berminyak ataupun lainnya dipengaruhi oleh kadar air di lapisan kulit.

Sehingga, meskipun kulit tampak basah oleh minyak, tak menutup kemungkinan kulit berminyak bisa mengalami dehidrasi akibat kekurangan kandungan air. Jika pada kulit kering dehidrasi ditandai oleh kulit yang semakin kering sehingga tampak berkerut, beda halnya dengan dehidrasi pada kulit berminyak.
Dehidrasi pada kulit berminyak akan meningkatkan aktivitas kelenjar minyak sehingga jumlah sebum yang dihasilkan pun menjadi lebih banyak. Sehingga pastikan kamu tidak melewatkan urutan skincare yang satu ini ya, bestie!

Kamu juga wajib baca : Cara Simple Mempercantik Diri Pakai Paket Perawatan Wajah Di Rumah

6. Sunscreen


Urutan skincare terakhir yang nggak boleh ketinggalan terutama kalau kamu mau keluar rumah. Yes! betul banget, tabir surya atau akrab disapa sunscreen.

Selain jadi berkah untuk alam semesta, tapi sinar UV matahari juga punya dampak buruk bagi kulit lho! Mulai dari kulit kusam, penuaan dini, bintik hitam, hingga resiko kanker kulit. Ih ngeri banget deh.

Nggak mau kan hal-hal buruk itu terjadi pada kulitmu? So, jangan pernah lupa untuk selalu aplikasikan sunscreen di pagi hari atau saat hendak terpapar matahari ya. Agar kulitmu selalu terhindar dari bahaya sinar UV matahari.

Kandungan SPF dalam sunscreen ada bermacam-macam. Kamu bisa sesuaikan dengan jenis kulitmu ya. Dewasa ini, kandungan sunscreen juga sudah banyak diinfus ke dalam berbagai skincare lain seperti pelembab dan atau berbagai makeu. Jadi nggak ada alasan untuk skip penggunaan sunscreen ya.

Itu lah penjelasan mengenai urutan pemakaian skincare yang tepat. Sekarang kalian bisa menerapkan urutan tersebut dalam pemakaian skincare ya. Urutan skincare yang tepat dapat membuat fungsi skincare menjadi lebih maksimal. Namun, selain itu pastikan untuk menggunakan skincare sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya, ladies! Karena tentunya jenis kulit dan kebutuhan kulit setiap orang dapat berbeda-beda.

Masih bingung sama skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu? Konsultasikan skincare yang cocok untukmu melalui WA secara gratis!

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like