Hentikan Pemakaiannya Jika Wajah Kamu Mulai Meradang Setelah Pemakaian Sunscreen, ya!

Sunscreen adalah salah satu pelindung wajah dan kulit ketika kamu beraktivitas di bawah sinar matahari. Namun, tak jarang pelindung ini malah menimbulkan kemerahan dan gatal yang tidak nyaman secara bersamaan. Kenapa, tuh?

Biasanya, kondisi tidak nyaman itu disebabkan oleh tercampurnya keringat wajah yang mengalir dengan sunscreen, atau memudarnya tabir surya akibat keringat. Pada beberapa kasus, ketidaknyamanan berasal dari alergi yang tidak disadari.

Memang, setidaknya ada tiga jenis alergi sunscreen, yaitu alergi di kulit sensitif, yang cenderung bereaksi ketika mengoleskan tabir surya mereka. Lalu ada alergi kontak, yaitu reaksi imunologis terhadap bahan yang akan memperburuk gejala setiap saat.

Apa Saja Alergi Sunscreen Itu?

Ada juga alergi kontak foto, yang terjadi terkena sinar matahari dengan dua fakta berikut ini.

  • Ada tanda-tanda yang beda dari semua kategori, alergi ringan pertama-tama dapat muncul mirip dengan sensitivitas. Untuk sensitivitas iritasi ringan, kulit seringkali hanya sedikit merah muda dan meradang, tetapi dapat bervariasi tergantung pada kondisi kulit
  • Faktanya, kulit yang terhidrasi dengan baik, akan lebih sehat dan lebih kuat atau sedikit bahkan tidak ada iritasi ketika bersentuhan dengan suncsreen. Beda hal dengan kulit kering, yang berpeluang teriritasi setelah memakai bahan-bahan tertentu

Lalu, siapakah yang kulit wajahnya mudah terkena alergi pada sunscreen?

Siapa pun yang menderita asma, demam, atau eksim atopik mungkin lebih sensitif dan berisiko alergi terhadap bahan kimia tabir surya.

Apa saja bahan-bahan aktif pada sunscreen yang dapat memicu alergi?

Tentu ada beberapa bahan atau komposisi dari sunscreen yang memicu terjadinya alergi. Nah, pada kenyataannya, salah satu bahan dapat menyebabkan alergi, tetapi yang paling umum adalah methoxycinnamate, benzophenone-2, benzophenone-3 dan yang dikenal sebagai PABA. Tak hanya itu, kamu juga direkomendasikan untuk menghindari bahan dibenzoylmethane, wewangian, dan pewarna, yang menjadi penyebab paling umum dari alergi bahan perawatan kulit.

Jika kamu merasa punya kulit sensitif, ada baiknya untuk mencoba sunscreen yang baru kamu beli di pergelangan tangan atau di belakang telinga, untuk melihat apakah kamu punya reaksi alergi atau tidak.

Kamu bisa tau apakah itu sensitif atau alergi terhadap salah satu dari banyak bahan yang berbeda dalam tabir surya, bukan hanya bahan aktifnya, jadi jika kamu mencatat reaksi, itu akan lebih baik untuk melanjutkan konsultasi mengenai produk sunscreen yang cocok dengan kulit wajahmu.

Konsultasi lebih baik dilakukan dengan pakarnya, yaitu dokter kulit dan kecantikan. Tentunya, kamu bisa konsultasi di Larissa Aesthetic Center pada lokasi terdekatmu untuk mendapatkan arahan dan rekomendasi produk sunscreen yang tepat, ya!

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281