Mata Panda Bisa Ganggu Penampilan Kamu Kalau Tidak di Atasi

Tahukah kamu bahwa area bawah mata memiliki kulit yang sangat tipis dan mudah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini lebih cepat dari kulit bagian lain. Ada banyak penyebab dari lingkaran hitam di bawah mata, faktor kurang tidur menjadi alasan yang paling banyak disebutkan. Namun, ada faktor seperti bertambahnya usia, waktu layar berlebihan, alergi, dehidrasi, paparan matahari, dan penyebab genetik. Akhirnya, banyak orang mencari aneka ragam cara penghilang mata panda yang ampuh dan mujarab.

Faktor Penyebab Mata Panda

Ada banyak sekali hal-hal yang menyebabkan mata panda. Cairan yang menggenang di area mata juga salah satu penyebab mata panda atau terbentuknya kantung yang bengkak. Bayangan juga mungkin muncul di bawah mata sehingga terbentuk oleh kelopak mata yang bengkak. Adapun hal lain yang menjadi penyebab mata panda adalah :

  1. Kurang Jam Tidur

Saat kurang tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Akibatnya, darah yang menumpuk di bawah mata dapat terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata tampak bengkak dan tampilan wajah menjadi kusam

  1. Terlalu Sering Memapar Layar Gadget

Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Kondisi ini membuat pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

  1. Merokok dan Minum Alkohol

Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, juga dapat menyebabkan mata panda. Efek mengonsumsi alkohol dan merokok, lama-kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkaran di sekitar mata pun terlihat lebih mirip mata panda. Selain itu, merokok juga dapat memicu kerusakan kolagen yang membuat kulit menjadi kendur dan lebih kusam.

  1. Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga membuat lebih gelap.

  1. Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis. Perlahan, kulit juga mulai kehilangan elestasitasnya. Saat kondisi ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata akan semakin terlihat jelas sehingga muncul mata panda.

Adapun Cara Mengatasi Mata Panda
  1. Tidur yang Cukup

Tak hanya kurang tidur, terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan mata panda. Oleh karena itu, cukupi waktu istirahat setiap malamnya selama 7–9 jam untuk orang dewasa.

  1. Rajin Kompres Mata

Salah satu cara untuk menghilangkan mata panda adalah dengan memberikan kompres dingin pada mata. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih. Selanjutnya, pejamkan mata dan letakkan kompres dingin tersebut selama 20 menit.

  1. Hindari Rokok, Alkohol dan Kafein

Hentikan kebiasaan merokok atau batasi konsumsi minuman berkafein dan alkohol, sebab ketiganya bisa memicu dehidrasi yang membuat area di bawah mata menjadi gelap.

  1. Gunakan Kacamata Hitam

Untuk mencegah terbentuknya mata panda akibat paparan sinar matahari, kamu bisa menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan.

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Bahan Alami

Sahabat Larissa bisa mencoba bahan-bahan alami dan medis berikut ini sebagai cara menghilangkan mata panda.

Apa saja yang dibutuhkan? Yuk, kita tengok!

  1. Memakai Masker Mentimun di Area Mata

Cara menghilangkan mata panda dengan mentimun terbilang paling umum dan populer. Cara satu ini terbilang efektif untuk membantu membantukan mata panda, Moms. Ini karena memiliki sifat zat yang berguna untuk peredaran darah pada lapisan permukaan kulit.

  1. Menggunakan Buah Bengkuang

Ternyata bengkuang juga memiliki manfaat yang baik untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan mata panda. Sebab, bengkuang mengandung vitamin C dan vitamin B1 yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami. Parut bengkuang secukupnya hingga benar-benar halus. Setelahnya, oleskan pada area mata panda dan diamkan selama 15 menit.

  1. Memakai Buah Tomat

Bertambahnya usia menyebabkan mata panda pada sebagian orang. Redakan kantung mata yang parah dengan memakai irisan tomat. Tomat mengandung likopen tinggi, zat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, penglihatan, dan kulit. Likopen dapat membantu membuat kulit lebih lembut dan kenyal, serta mengurangi tampilan lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda.

  1. Kompres Dengan Air Dingin

Selain jerawat dan komedo, permasalahan kulit lainnya yang banyak membuat kaum hawa tidak percaya diri adalah mata panda. Karena itu, untuk menghilangkan mata panda, Moms bisa mengompres mata dan area sekitarnya dengan kompres dingin. Kompres dingin bisa membantu mengecilkan pembuluh darah sekaligus mengurangi pembengkakan.Namun, jangan langsung menempelkan es batu ke mata ya. Bungkus dulu es batu dengan kain atau handuk lembut dan tempelkan ke area mata.

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Produk

Larissa Aesthetic Center menghadirkan produk terbarunya “Eye Treatment Serum” yang merupakan serum perawatan sekitar mata untuk mengurangi kantung mata/eye-puffiness yang berlebih, mengurangi kerut lingkar mata yang mengganggu, meningkatkan elastisitas kulit sekitar mata, sekaligus melembabkan dan mencerahkannya. Serum ini mengandung Chrysanthellum Indicum Extract (golden chamomile flower) untuk memecahkan dan mengurangi lemak penyebab kantung mata, Caprooyl Tetrapeptide yang berperan menstimulasi kolagen untuk mengelastiskan kulit area mata, dan Starfish Coelomic Fluid Extract untuk meregenerasi kulit dan mencerahkannya. Larissa Eye Treatment Serum aman digunakan untuk segala jenis usia, berbahan dasar alami, bersetifikat CPKB dan BPOM, serta dapat diperoleh dengan harga terjangkau di seluruh cabang Larissa maupun online store Larissa.

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 853-2606-8888


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281