Jangan Biarkan Kulit Wajah Jadi Belang Akibat Paparan Sinar Matahari, Dear!

Salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami kebanyakan dari kita adalah perbedaan warna antara area kulit yang satu dan lainnya alias belang. Salah satunya adalah disebabkan oleh sinar matahari. Matahari memang baik bagi kesehatan, namun sayangnya, beraktivitas di bawah sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi gelap dan belang. Apalagi ketika berlibur ke pantai, terkadang aktivitas seru membuat kulit belang dan terbakar. Banyak yang mengupayakan untuk mengembalikan warna kulit agar merata. Apakah sebenarnya kulit belang bisa kembali cerah dan rata? Makanya, kamu perlu ketahui penyebab dan cara mengatasi wajah belang pada artikel di bawah ini, ya!

Penyebab Kulit Belang

Perlu diketahui bahwa kulit belang ditandai dengan perbedaan warna yang jelas antara satu area dengan area lain. Nah, kondisi ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Untuk faktor internal, perubahan hormon menjadi pemicu hiperpigmentasi di wajah, seperti melasma. Masalah kulit ini kerap dialami wanita hamil akibat peningkatan kadar estrogen dan progesteron, sehingga timbul bintik kebiruan dan terkadang berwarna cokelat di wajah. Untuk faktor eksternalnya dapat disebabkan oleh permasalahan kulit yaitu berupa jerawat, luka, eksim, penggunaan kosmetik, atau paparan sinar matahari.

Cara Mengatasi Kulit Belang

Rupanya, dalam mengatasi kulit belang cukup simpel ya, Dear. Kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah kecil di bawah ini sebagai rutinitas agar kulitmu bebas dari belang.

  1. Mengonsumsi Bengkuang dan Mentimun

Bengkuang dikenal dengan bahan alami yang kaya vitamin B dan C. Kandungan ini sangat bagus untuk kesehatan kulit termasuk meratakan warnanya. Cara untuk mencerahkan kulit belang lainnya adalah dengan mentimun. Mentimun bisa menghambat pigmentasi di kulit dan menjaga kulit jadi tetap segar. Kamu bisa rutin mengonsumsi kedua buah ini untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  1. Menggunakan Masker Susu dan Yogurt

Susu memiliki fungsi dalam melembutkan, meremajakan, serta memutihkan kulit. Sedangkan yogurt mengandung asam laktat yang berguna untuk melembapkan kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen. Caranya, cukup campurkan susu dan yogurt secukupnya dan oleskan pada bagian kulit yang belang. Jadikan campuran ini sebagai masker kulit yang efektif jadikan kulit cerah.

  1. Tetap Rutin Memakai Sunscreen

Tak hanya beraktivitas di luar ruangan, kamu juga perlu menggunakan sunscreen saat di dalam ruangan, lho! Hal ini karena sinar UV A dan UV B mampu menembus kaca jendela dan meningkatkan risiko hiperpigmentasi pada wajah. Dengan rutin pakai sunscreen yang ringan di kulit, kamu telah menerapkan salah satu cara mengatasi wajah belang.

  1. Rutin Melakukan Eksfoliasi Kulit

Rutin melakukan eksfoiliasi membantu kulit lebih cerah. Kamu dapat menggunakan Scrub atau Toner AHA BHA. Rutin mengeksfoliasi kulit daat membantu mengangkat sel kulit mati, dan mencegah adanya pori-pori yang tersumbat. Eksfoliasi kulit dapat dilakukan dengan rutin setiap 2-3 kali seminggu.

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Setelah seharian beraktivitas, tentunya kulit wajah jadi kotor akibat terpapar polusi, debu, dan kotoran. Jika dibiarkan, sel kulit mati akan menumpuk sehingga kulit terlihat kusam dan lebih gelap. Oleh sebab itu, kamu dianjurkan untuk rajin membersihkan wajah dengan metode double cleansing.

Larissa memiliki rekomendasi produk yang tepat untuk kamu gunakan sebagai double cleansing, mulai dari berbagai macam jenis facial wash yang di formulasikan untuk berbagai macam jenis kulit. Larissa menghadirkan produk makeup remover yang berguna untuk membersihkan sisa riasan di daerah sekitar mata, bibir dan T-zone yang khusus karena bagian tersebut sangat sensitif.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan penyebab dan cara mengatasi wajah belang? Semoga cara di atas dapat membantumu agar belang di wajah dapat hilang ya, Dear. Ingat, jangan terburu-buru untuk meratakan warna kulit, karena setiap kulit memiliki kondisi berbeda dan butuh waktu untuk kembali perfectly renewed.

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281