Ketombe, Datang Tiba-Tiba Tapi Susah Diusir

Bagi banyak orang sangat penting untuk merawat rambut, tak hanya wajah saja perawatan rambut juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Mulai dari ketombe rambut bercabang, rambut lepek, merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Ketombe merupakan salah satu kondisi pada kulit kepala yang ditandai dengan beberapa munculnya serpihan kulit maupun rasa gatal pada area kepala. Masalah satu ini sangat umum dan kerap sekali terjadi pada banyak orang diberbagai kalangan usia, dari perempuan maupun laki-laki. Perubahan gaya hidup juga berguna untuk mengatasi ketombe, misalnya mengelola stres dan menghindari produk kimia yang mengiritasi. Merujuk penelitian Applications of Tea (Camellia sinensis) and Its Active Constituents in Cosmetics teh hijau, hitam, putih bisa bermanfaat untuk mencegah atau mengurangi risiko ketombe. Teh mengandung antioksidan atau kandungan lain yang menawarkan perlindungan dari sinar matahari.

Menurut publikasi Seborrheic Dermatitis dalam The Merck Manuals, gejala kepala berketombe, antara lain gatal, kulit kepala kering, bersisik juga berminyak. Kondisi yang parah muncul sisik kekuningan atau kemerahan. Namun, sebenarnya ada banyak sekali penyebab ketombe di rambut yang perlu kamu ketahui

  1. Tidak Cukup Keramas

Ternyata tidak cukup keramas dapat menyebabkan seseorang memiliki ketombe berlebih, minyak yang menumpuk dan terdapat pada kulit kepala dapat membuat seseorang memiliki ketombe. Tidak menggunakan shampoo yang cukup atau shampoo yang digunakan tidak cukup kuat untuk menghancurkan penghalang minyak maka dapat mengalami ketombe berlebih.

  1. Alergi

Seseorang tentu memiliki alergi yang berbeda, terhadap makanan maupun zat. Beberapa orang juga mengalami alergi terhadap produk perawatan seperti beberapa bahan yang terkadang didalam shampoo. Jika kamu mengalami iritasi kulit kepala atau gatal dan nyeri saat menggunakan produk tertentu maka dapat mengalami sensitivitas yang kamu miliki. Hal ini mungkin menunjukkan bahwa kamu memiliki alergi terhadap beberapa produk perawatan rambut.

  1. Kondisi Malassezia

Malassezia merupakan jamur yang hidup di kulit kepala semua orang, bagi beberapa orang sensitivitas berkembang ternyata dapat menyebabkan ketombe. Tak hanya itu dermatitis seboroik juga dapat memberikan pengaruh pada tumbuh kembangnya ketombe di rambut. Beberapa orang yang sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan rentan mengalami iritasi kulit kepala dan menghasilkan sel kulit ekstra. Sel kulit ekstra ini akan mati dan rontok. Itu bercampur minyak dari rambut dan kulit kepala, sehingga muncul ketombe.

  1. Kulit Kepala Kering

Kulit kering menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki ketombe yang banyak, selain itu hal ini juga dapat menandakan bahwa ini terjadi pada akar rambut maka dapat menunjukkan banyaknya ketombe. Ketombe pada rambut yang disebabkan oleh kulit kering ternyata juga dapat kamu lihat jika memiliki kulit kering.

  1. Iritasi Produk Perawatan

Produk perawatan rambut tertentu rentan mengiritasi kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Jika menyadari produk yang dipakai menyebabkan iritasi, maka sebaiknya berganti sampo.

Berbagai pendapat menjelaskan keramas tak menyebabkan penumpukan minyak dan sel kulit mati yang menyebabkan ketombe. Pendapat lain berkata, terlalu sering mencuci rambut akan menghilangkan minyak alami. Adapun frekuensi seseorang perlu mencuci rambut akan bervariasi setiap individu. Sedangkan produk tertentu bisa menyebabkan iritasi dan reaksi untuk beberapa orang.

Cara Mengatasinya

  Larissa Aesthetic Center menghadirkan rangkaian produk untuk rambut dengan berbahan dasar Tea Tree yang terdiri dari Shampoo, Conditioner dan Hair Tonic. Rangkaian Spa Tea Tree. Untuk rambut berminyak dan berketombe. Mengandung ekstrak tea tree (berfungsi sebagai antiseptik, antibakteri, dan antifungal) dan triclosan sehingga dapat membantu mengurangi dan mencegah ketombe, merawat kulit kepala, dan menjaga kesehatan rambut.      

Yuk dapatkan produk di atas melalui

  • Klinik Larissa terdekatmu
  • Instagram @larissacenter @larissaonlineshop
  • Whatsapp 0853-2606-8888

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281