Apakah kamu jadi salah satunya?

Apa kamu merasa sudah benar menerapkan perawatan wajah, tapi tetap saja memiliki kulit wajah yang bermasalah? Jerawat yang nggak sembuh-sembuh, kusam, kemerahan atau kulit yang mengelupas.

Kalau sudah seperti itu, jangan dulu menganggap produk skincare yang kamu pakai tidak cocok. Namun, kamu juga harus aware terhadap kebiasaan yang terkesan sepele tapi justru jadi penyebab rusaknya skin barrier kamu. Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, hal-hal sepele yang bisa merusak skin barrier. Simak yuk!

  1. Terlalu sering scrub wajah

Melakukan eksfoliasi wajah dengan scrub memang membuat wajah terasa lebih bersih karena butiran scrub memberi kesan mengangkat lapisan terluar kulit. Namun, pengelupasan yang kasar dan berlebihan justru mengganggu kesehatan skin barrier kamu.

Scrub wajah dapat menimbulkan efek kemerahan, iritasi dan penuaan diri. Jadi, dari pada menggunakan scrub yang mengganggu kesehatan kulit, mendingan kamu pakai produk chemical exfoliator dengan kandungan AHA, BHA, Azelaic acid, dan sejenisnya.

  1. Tidak rajin membersihkan makeup tools kamu

Jangan sepelekan kebersihan peralatan makeup yang kamu gunakan. Peralatan makeup seperti brush, sponge, maupun penjepit bulu mata jika tidak rajin dibersihkan akan menjadi sarang kuman. Niatnya merias wajah biar cantik malah menyebarkan bakteri ke wajah yang bisa bikin break out dan iritasi, duhhh.

Jadi, mulailah untuk membersihkan peralatan makeup secara rutin seminggu sekali dan gunakan sabun yang lembut namun efektif untuk menghilangkan kotorannya.

  1. Tidak membersihkan sisa makeup dan kotoran wajah

Tidur tanpa membersihkan wajah apalagi dengan kondisi full makeup dapat menghambat proses mikro sirkulasi yang berfungsi menyegarkan kembali kulit wajah. Akibatnya, wajah menjadi kusam serta pori-pori tersumbat sehingga bisa terbentuk jerawat dan bruntusan.

Sediakan cleansing wipes di dekat kasur kamu. Cleansing wipes bisa sesekali menjadi penyelamat saat kamu merasa capek banget setelah seharian beraktivitas dan nggak sanggup lagi untuk cuci muka.

  1. Pencet Jerawat

Jerawat yang muncul kadang bikin geram dan bikin kamu pengin memencetnya, ya kan? Tapi lebih baik tahan saja keinginanmu itu, karena mencet jerawat malah bikin bakteri menyebar ke area wajah yang bikin jerawatan dan iritasi tambah parah.

Belum lagi efek lainnya seperti menimbulkan infeksi lebih dalam dan menimbulkan bekas luka yang susah hilang. Jadi, hindari menyentuh dan memencet jerawat kamu, serta gunakan skincare khusus untuk kulit berjerawat ya!

  1. Sering Begadang

Tau nggak sih, Bestie, saat kamu tidur, kulit kamu akan melakukan regenerasi sel, membangun kembali jaringan kulit dan memproduksi kolagen. Jadi, kalau kamu kurang tidur, kulit bakal kehilangan kilauan sehatnya dan rentan mengalami kerusakan skin barrier.

Demi menjaga skin barrier yang sehat, ikuti anjuran tidur ideal selama 7 sampai 8 jam setiap malamnya ya, Bestie.

Ternyata menjaga skin barrier bukan hanya dengan produk skincare saja ya, Bestie, tapi juga harus memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan jangan sampai mengancam kesehatan kulit. Semoga bermanfaat!

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281