Hayoo, mana nih yang jadi favorite kamu?

Tahukah kamu bahwa jerawat bisa disebabkan oleh makanan lho! Nah, ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin jerawat datang, baik muncul sesekali ataupun berulang kali. Supaya masalah kulit tidak tambah parah, sebaiknya mulai sekarang kamu perlu mulai memperhatikan pola makan yang sehat dan juga menghindari makanan-makanan penyebab timbulnya jerawat.

Jenis makanan apa sajakah itu? Berikut 5 jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya perlu kamu hindari mulai sekarang ya, Bestie !

  1. Coklat dan Segala Jenis Permen

Memang ya, kedua jenis makanan manis ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh. Kandungan di dalam permen dan cokelat kemasan juga jadi salah satu penyebab peningkatan hormon yang menjadi penyebab jerawat muncul. Tak hanya itu, serat elastin dan kolagen dalam kulit pun terancam rusak sehingga kulit jadi kering dan sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori. Itulah penyebab jerawat jadi sering datang ya, Bestie!

  1. Produk Olahan dari Susu

Keju terbuat dari bahan dasar susu sapi yang difermentasi. Biasanya sumbernya adalah sapi yang hamil yang tubuhnya sedang mengandung banyak hormon. Kandungan di dalam susu ini bisa memicu kelenjar minyak dalam tubuh kita sehingga terus memproduksinya secara berlebihan. Nah, hal ini juga menjadi salah satu pemicu kemunculan jerawat juga, ya. Untuk menghindarinya, segera batasi konsumsi keju atau makanan olahan dari susu lainnya seperti susu dan yogurt.

  1. Jenis Makanan dan Minuman Beralkohol

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga bisa jadi salah satu penyebab jerawat datang, Bestie. Soalnya, konsumsi alkohol bisa meningkatkan produksi urin dan membuat tubuh kehilangan cairan. Hal ini yang bikin kulit terasa kering dan pada akhirnya membuat sel-sel kulit mati numpuk di pori-pori. Kalau dicuekin terus, jerawat jadi gampang datang! Jadi, buat kamu yang masih hobi mengonsumsi alkohol, sebaiknya kurangi atau stop aja, ya!

  1. Karbohidrat Non Kompleks

Jenis makanan ini bisa bikin tubuh memproduksi lebih banyak sebum, ya. Selain itu, juga bisa bikin tinggi indeks glikemik dan memicu kemunculan jerawat. Supaya tidak jerawatan, kamu dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran segar dan biji-bijian. Contoh makanan penyebab jerawat yang tergolong dalam kelompok karbohidrat tidak kompleks adalah roti, pasta, mi, dan segala olahan dari tepung lainnya.

  1. Segala Bentuk Gorengan

Penyebab jerawat yang paling sering dijumpai karena konsumsi minyak secara berlebihan. Salah satu makanan yang bisa bikin penumpukan minyak berlebih contohnya seperti pisang goreng, tahu isi, cireng, bakwan, dan segala macam jajanan yang biasanya dijual dalam gerobak kaki lima. Selain itu, kamu juga perlu membatasi makan makanan atau lauk pauk yang dimasak dengan menggunakan rendaman minyak goreng, seperti ayam goreng atau kentang goreng. Makanan itu tidak hanya bikin kelebihan lemak, kalau jumlahnya sudah berlebihan, minyak akan keluar melalui pori-pori kulit dan menumpuk di sana.

Itulah 5 makanan yang menyebabkan jerawat dan perlu kamu hindari. Makanan yang kamu konsumsi memang dapat menjadi penyebab jerawat, Bestie! Tapi, cara kamu menjaga diri dengan melakukan perawatan wajah yang benar juga jadi salah satu faktor penentu yang penting, lho! Jadi, jangan pernah skip perawatan wajah ya!

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 811-2833-541


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281