Bekerja menjadi sebuah kewajiban dan hak bagi seseorang.
Namun tidak sedikit yang mengalami hambatan ketika melakukan wawancara kerja. Hambatan mulai dari rasa tidak percaya diri sampai dengan bingung menjawab pertanyaan pewawancara. Berikut adalah kiat sukses wawancara kerja :
- Bicara jujur
Bicara jujur adalah hal paling prinsip yang harus kita lakukan. Dengan bicara jujur, maka kita akan dapat memperoleh posisi sesuai dengan kemampuan. Selain itu seorang pewawancara pada umumnya dapat mengetahui tingkat kejujuran seseorang ketika berbicara. Tidak perlu khawatir bahwa kita akan gagal hanya karena berbicara apa adanya. - Yakin
Keyakinan merupakan kekuatan seseorang untuk sukses dalam segala bidang. Ketika yakin terhadap diri, yakin akan kemampuan, maka kesuksesan di depan mata. Berbicara meyakinkan itu penting sehingga sang pewawancara pun akan yakin terhadap kemampuan diri kita. - Menghargai diri
Salah satu materi wawancara biasanya adalah mengenai salary yang kita inginkan. Sebaiknya kita mampu menghargai diri kita dan mengetahui berapa diri kita layak dihargai. Memberikan harga tinggi tetapi wajar bukan hambatan bagi seseorang untuk diterima kerja. Akan tetapi ketika sebuah perusahaan menawar gaji kita, cobalah berhitung, jika memang kita memiliki niat berkembang bersama di perusahaan tersebut dan yakin suatu ketika kita akan dapat memperoleh perkembangan karir di perusahaan tersebut, maka tidak ada salahnya menerima tawaran tersebut. Namun jika memang keberatan terhadap tawaran tersebut, maka kita harus tegas menyampaikannya. - Menjawab yang ditanyakan
Jangan mencoba bercerita hal-hal yang tidak ditanyakan di dalam wawancara kerja, karena dapat saja hal tersebut tidak penting atau justru memberikan citra diri yang kurang baik di mata perusahaan. Tidak semua perusahaan memiliki budaya kerja yang sama. Budaya kerja lama belum tentu dapat diterapkan di tempat baru. - Tidak menjelek-jelekkan perusahaan lama
Menjelek-jelekkan perusahaan atau tempat kerja lama, membuat perusahaan baru yang dilamar akan merasa khawatir jika suatu ketika sang pelamar juga akan menjelek-jelekkan perusahaan. Oleh karena itu selalu tunjukkan yang abik dan positif ketika melakukan wawancara kerja.
Demikian cara sukses wawancara kerja. Sukses selalu ya ^_^
Komentar
Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.