Sudah Pakai Hand Body Lotion Tapi Siku Tetap Kering? Yuk Cari Tahu Penyebab Siku Kering Dan Solusinya

0 Shares
0
0
0

Sudah menjadi rahasia umum jika bagian siku tangan memiliki warna yang cenderung gelap dan juga kering di bandingkan dengan daerah lainnya. Meskipun siku tangan jangan terlihat namun tentunya hal ini tetap mengganggu penampilan apalagi bagi orang-orang tidak suka menggunakan baju berlengan panjang. Kadang meskipun sudah menggunakan hand body lotion namun daerah siku masih saja kering. Mengapa yah bisa begitu? Yuk cari tahu penyebab siku kering berikut ini:

Penyebab Siku Kering

Ada beberapa penyebab siku kering, diantaranya:

1. Merupakan Daerah Kulit yang Kering
Hal pertama yang harus kamu tahu, bahwa area siku merupakan daerah dengan jenis kulit yang kering. Sehingga kulit ini mudah sekali kering meskipun kamu sudah menggunakan hand body lotion setiap harinya.

Selain itu, di bagian siku memiliki kandungan pigment kulit atau melanin yang lebih banyak. Hal ini memicu timbulnya warna kulit yang cenderung lebih gelap bahkan lebih hitam di bandingkan dengan kulit didaerah lainnya. Makanya nih selain kering kulit siku juga tampak lebih gelap kan.

2. Lebih Sering Menerima Tekanan
Bagian siku tangan adalah bagian tubuh yang paling sering menerima tekanan selain bagian lutut. Misalkan saja ketika menopang dagu tentunya bagian siku tanganlah yang mengalami tekanan, hal ini membuatnya menebal dan kering.

Belum lagi gesekan yang bisa terjadi pada kulit tentunya membuang kandungan minyak alami dalam kulit akan hilang. Maka tidak heran bila bagian siku sering sekali menjadi kering bahkan pecah-pecah.

3. Paparan Sinar Matahari
Dengan kondisi kulit yang kering ini dapat diperparah jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Semakin sering kulit terpapar sinar matahari maka akan semakin mudah pula kulit menjadi kering. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan kaos pendek, pastinya bagian siku kamu akan terkena paparan sinar matahari yang dapat memperparah keringnya kulit bagian ini.

4. Bagian Yang Jarang Dirawat
Bagian siku tangan merupakan bagian yang sering terlupakan perawatannya. Sangat jarang orang yang melakukan perawatan untuk siku tangan. Padahal jika tidak dirawat siku akan kering dan terus menghitam.

Solusi Siku Kering

Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah siku kering. Diantaranya adalah:

1. Membersihkannya Dengan Scrub
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan siku dengan scrub. Karena bagian siku memiliki tekstur yang kasar dibandingkan dengan daerah lainnya sehingga diperlukan bahan ekstra untuk membersihkan kotoran di siku.

2. Coba Exfoliating Siku
Eh jangan salah ya, bukan hanya wajah yang perlu melakukan exfoliating namun siku juga butuh lho. Lakukanlah exfoliating dengan bahan alami dua kali dalam seminggu. Pastinya siku kamu akan lebih bersih dan lembab, namun perlu diingat yah jangan terlalu sering melakukan exfoliating pada siku, karena bisa menyebabkannya gatal dan semakin kering.

3. Jangan Lupa Gunakan Tabir Surya
Perawatan pada siku tangan tidak kalah sulitnya dengan perawatan untuk wajah. Tidak hanya kulit wajah saja yang harus di lindungi namun kulit siku juga harus di lindungi. Oleh karena itu gunakan tabir surya pada siku agar tetap menjaga kelembabannya dan mengurangi warna gelap pada siku.

Nah itulah penyebab siku kering dan solusi siku kering yang bisa kamu cobain. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk atau lemon untuk menutrisi kulit siku agar lembab dan tidak kering. Yuk lebih peduli dengan kesehatan kulit!

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like