6 Jenis Phobia Yang Patut Kamu Tahu, Ada Yang Pernah Kamu Alami Nggak?

0 Shares
0
0
0

Takut terhadap sesuatu hal memang lah wajar, namun ketika ketakutan itu terjadi secara berlebihan maka menjadi tidak wajar. Secara medis rasa takut yang berlebihan pada sesuatu disebut dengan phobia. Phobia membuat penderitanya takut dan benci terhadap sesuatu yang mungkin bagi orang lain biasa saja. Nah, apa saja sih jenis phobia yang ada itu? Berikut ini informasi tentang 6 jenis phobia yang patut kamu ketahui.

1. Nomophobia
Phobia satu ini pastinya banyak sekali yang mengalaminya apalagi anak muda. Ciri utama penderita nomophobia adalah rasa khawatir dan tidak percaya diri ketika tidak membawa smartphonenya. Biasanya penderita phobia jenis ini selalu membawa handphone-nya ke mana saja dan kapan saja tidak peduli tempat dan waktu. Buat yang ingin tahu apakah kamu termasuk ke dalam penderita nomophobia ini caranya mudah kok, perhatikan apakah kamu sering membawa handphone mu saat tidur atau tidak. Kalo iya, itu tandanya kamu termasuk dalam kategori nomophobia.

2. Trypophobia
Jenis phobia satu ini sempat terkenal di media sosial beberapa waktu yang lalu. Banyak media online yang mengangkat tema tentang trypophobia. Sebenarnya apa sih trypophobia? Phobia satu ini adalah ketakutan seseorang ketika melihat lubang-lubang kecil dalam jumlah yang banyak. Penderita trypophobia akan merasa takut dan gatal ketika melihat sesuatu hal yang berlubang atau berbentuk bulat dalam jumlah yang banyak. Buat kamu yang suka ngerasa geli ketika melihat lubang-lubang kecil dalam jumlah banyak, tenang. Menurut psikiater penderita trypophobia dapat disembuhkan secara total kok. Caranya dengan berlatih untuk melihat gambar-gambar lubang tersebut sambil terus berlatih melawan rasa takut. Maka semakin hari ketakutan itu bisa hilang.

3. Hylophobia
Hylophobia adalah salah satu jenis phobia yang dapat dirasakan baik pria atau pun wanita. Jenis phobia ini berupa ketakutan seseorang terhadap hutan. Karena dalam memori otak mereka menggambarkan bahwa hutan adalah tepat yang gelap, sepi dan menakutkan. Gejala dari phobia ini adalah mulut kering, terasa mual, berkeringat dan gemetar ketika seseorang diminta masuk ke hutan.

BACA JUGA: Treatment Yang Ampuh Menyingkirkan Racun Di Wajah

4. Ombrophobia
Hujan yang turun di bumi terkadang membuat kesan nuansa tersendiri yang disukai banyak orang. Namun ternyata ada pula orang yang takut terhadap hujan, hal ini dinamai dengan ombrophobia. Penderita ombrophobia sangat takut bahkan benci ketika turun hujan.

5. Anuptaphobia
Phobia satu ini cukup unik dan pastinya banyak yang merasakan, yaitu phobia terhadap kesendirian. Orang-orang yang merasa takut dan benci ketika sendirian adalah salah satu ciri dari phobia anuptaphobia. Nah, apakah kamu salah satunya yang merasa akan phobia ini?

6. Pentherephobia
Jenis phobia yang terakhir adalah Pentherephobia atau ketakutan berlebihan terhadap ibu mertua. Memang ya selama ini citra ibu mertua kurang baik arena dianggap sebagai musuh dari menantunya. Tapi kamu nggak perlu takut sampai phobia sama ibu mertua deh. Karena nggak semua ibu mertua itu jahat kok. Bahkan banyak yang sudah membuktikan bahwa menantu dan ibu mertua bisa kompak dan bersahabat. Oleh karena itu buang jauh-jauh pikiran buruk tentang ibu mertua ya.

Sekarang kamu tahukan 6 jenis phobia yang banyak dialami di masyarakat kita. Ingat phobia dapat disembuhkan dengan melakukan terapi lho. Maka dari itu, kamu bisa melakukan terapi berkala untuk mengurangi phobia secara perlahan hingga akhirnya nanti bisa sembuh secara total.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like