Kenapa Ya Jerawat Pasir Susah Dihilangkan?

0 Shares
0
0
0

Membicarakan jerawat seolah tidak ada matinya, banyak sekali orang di luar sana yang mengalami masalah kulit tersebut. Salah satu jenis jerawat yang tidak bisa hilang dalam sekejap adalah jerawat pasir, hati-hati karena bisa menyerang siapa saja termasuk kamu. Jerawat disebut jerawat pasir karena bentuknya kecil-kecil kayak pasir, dan muncul di wajah secara bersamaan sehingga sulit dihilangkan. Sebenarnya kenapa jerawat pasir susah dihilangkan?

Memiliki muka penuh jerawat pasir memang menurunkan percaya diri, bagian yang sering dihinggapi adalah pipi dan dahi. Banyak faktor yang jadi penyebab jerawat pasir susah dihilangkan, faktor dari dalam dan luar tubuh. Faktornya seperti, penggunaan kosmetik, hormon, gaya hidup, pola makan dan genetik. Untuk memahaminya, kamu perlu untuk menyimak ulsannya di bawah ini.

1. Kesalahan Dalam Pemilihan Dan Penggunaan Kosmetik
Jerawat pasir akan susah hilang jika kamu tidak menghilangkan penyebab munculnya jerawat pasir tersebut. Salah satu penyebabnya adalah pemilihan dan penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Penggunaan kosmetik dengan tekstur creamy (tinggi lemak) atau two way cake, kosmetik yang tinggi kadar alkoholnya akan meningkatkan potensi jerawat pasir muncul. Selain itu tidak melakukan pembersihan setelah menggunakan make up juga menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pasir baru.

BACA JUGA: Rangkaian Skincare Apel 50 Ribu Ini Bisa Beri Kelembaban Pada Wajah

2. Reaksi Hormonal Tubuh
Hormon pada perempuan sangat berperan aktif sebagai penyebab jerawat di wajah, setiap bulannya terjadi fluktuasi hormon pada perempuan. Pada saat hormon androgen meningkat, akan besar risikonya muncul jerawat baru, sehingga jerawat pasir akan semakin banyak dan sulit dihilangkan. Hormon androgen akan meningkat pada masa-masa tertentu, seperti pubertas, hamil, stres dan masa haid, ini merupakan faktor penyebab dari dalam.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat
Melakukan gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor munculnya jerawat pasir pada wajahmu yang mulus. Orang yang suka mengkonsumsi alkohol, merokok, banyak begadang dan stres tinggi akan meningkatkan hormon androgen. Hormon androgen yang meningkat akan meningkatkan kinerja kelenjar minyak, semakin tidak sehat gaya hidup semakin meningkat aktivitasnya. Resiko tumbuhnya jerawat juga ikut meningkat, apalagi jika kulit tertutup oleh make up maka kan terjadi peradangan dan muncul jerawat pasir.

4. Pola Makan Tinggi Lemak
Metabolisme di dalam tubuh tidak akan lepas dari makanan yang dikonsumsi, makanan yang tinggi lemak akan meningkatkan jumlah lemak tubuh. Jumlah lemak tubuh yang tinggi akan meningkatkan produksi minyak alami tubuh oleh kelenjar minyak, sehingga jerawat akan sulit hilang. Jika pola konsumsi tidak diubah menjadi rendah lemak dan tinggi serat, maka jerawat akan muncul lagi dan lagi seterusnya.

5. Faktor Genetik Atau Keturunan
Faktor genetic adalah faktor bawaan dari orang tua dan silsilah keluarga, faktor ini adalah faktor yang tidak bisa dikendalikan. Hal ini karena genetik mempengaruhi sampai pada kinerja organ dalam tubuh, jadi sangat sulit dikendalikan dari luar. Jadi jika orang tua kamu memiliki riwayat jerawat yang parah, kemungkinan besar akan diwariskan kepadamu. Sehingga pencetus sekecil apa pun akan menyebabkan jerawat muncul di wajahmu.

Mengendalikan faktor penyebab adalah salah satu cara menghilangkan jerawat pasir agar tidak muncul lagi. Ada faktor yang bisa dikendalikan tapi ada juga faktor yang tidak bisa dikendalikan ya, sehingga harus pandai menghindari penyebab jerawat pasir. Untuk jerawat pasir yang sudah terlanjur muncul dan susah dihilangkan kamu bisa coba melakukan perawatan khusus seperti memilih melakukan facial. Saatnya kembalikan wajah mulus bebas dari masalah jerawat yuk!

BACA JUGA: Rahasia Kecantikan Wanita Korea Yang Patut Kamu Coba! Penasaran Nggak?

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like