Persiapan Masuk Kuliah Yang Wajib Kamu Lakukan Biar Hari Pertama Kuliah Berkesan

0 Shares
0
0
0

Kuliah adalah hal baru yang dilalui oleh siswa yang baru saja lulus SMA. Semua calon mahasiswa pasti akan mempersiapkan segala hal untuk hari pertamanya masuk kuliah. Selalu ada hari pertama untuk melakukan semua hal. Hari pertama masuk kuliah akan menjadi hari paling berkesan untuk 4 tahun mendatang. Persiapan masuk kuliah yang wajib kamu lakukan penting kamu pahami. Ada beberapa tips agar hari pertama kuliahmu menjadi berkesan.

Untuk menjadikan hari pertama kuliahmu menjadi berkesan, ada beberapa tips yang wajib kamu ketahui. Yuk kita simak tips di bawah ini

1. Latihan Adaptasi Sama Lingkungan Baru
Dari masa SMA ke masa kuliah akan membawa banyak sekali perubahan, oleh karena itu setiap mahasiswa baru harus mempersiapkan mentalnya menjadi siap kuliah. Karena jangan harap masa kuliah akan seindah masa SMA karena di bangku perkuliahan semua tergantung pada dirimu. Bersiaplah meninggalkan kebiasaan bermalas-malasan sewaktu SMA ya kawan.

Beradaptasi di lingkungan kampus dapat dilakukan dengan bergabung dengan salah satu organisasi yang ada sehingga kamu akan mengenal kampus lebih dalam.

2. Memperbanyak Teman Yang Baru
Berteman dengan banyak orang merupakan salah satu persiapan masuk kuliah yang wajib kamu lakukan karena di masa kuliah keberadaan teman akan sangat membantu apalagi jika kamu pergi ke perantauan. Akan tetapi jangan sampai keberadaan teman menghalangi mimpimu, pilihlah teman yang bisa diajak bekerja sama dengan baik.

Jangan enggan untuk menyapa terlebih dahulu walaupun kamu tidak mengenalnya. Jangan ragu untuk meminta tolong dan memberi pertolongan kepada sesama karena hal tersebut dapat membangun image baik pada dirimu sendiri.

3. Tetap Percaya Diri
Bagi yang dulu di SMA masih malu-malu, buanglah jauh-jauh sifat itu. Percaya diri itu penting karena dapat membangun karakter kita sebagai mahasiswa yang baik. Melatih kepercayaan diri merupakan persiapan masuk kuliah yang wajib kamu lakukan terutama dalam bidang public speaking.

Public speaking sendiri akan sangat membantu ketika ada presentasi bersama dosen maupun teman-teman sejurusanmu. Public speaking dapat dilatih melalui kebiasaan sehari-hari. Jadi jangan malu untuk meluapkan ide dan pikiran kamu ke orang lain.

BACA JUGA : 5 Facial Favorit Mahasiswa, Kamu Udah Coba Belum?

4. Jaga Attitude Kamu
Walaupun percaya diri itu penting attitude atau sopan santun harus kamu perhatikan juga. Karena bagaimanapun manusia akan dihargai jika ia menghargai orang lain. Jangan sampai hanya karena bertingkah kurang sopan kamu terjerumus ke dalam masalah yang hanya akan mengganggu pendidikanmu.

kamu juga harus menjaga sopan santun di luar kampus. Jika perlu belajarlah dengan orang sekitar tentang adab dan budaya yang berlaku di daerah yang kamu tinggali. Karena mahasiswa baru berarti pendatang baru di lingkungan tersebut.

5. Cermat Dalam Mengatur Keuangan
Nah untuk hal yang satu ini sangat penting dan cukup sulit untuk mengaturnya. Apalagi bagi mahasiswa yang tinggal di kos maupun kontrakan. Kamu harus bisa mengatur keuanganmu dengan baik agar tidak sengsara di akhir bulan. Semua pengeluaran dan kebutuhan harus kamu pikirkan dengan baik. Belilah yang kamu butuhkan terlebih dahulu dibandingkan dengan yang kamu inginkan.

Mengatur keuangan merupakan persiapan masuk kuliah yang wajib kamu lakukan agar semuanya dapat berjalan dengan baik. Jika perlu sisakan sedikit uang untuk menabung dan berjaga-jaga jika ada kebutuhan mendadak. Kamu juga harus bisa menyimpan uangmu dengan baik agar tidak menjadi sasaran pencurian.

Itu adalah beberapa persiapan masuk kuliah yang wajib kamu lakukan. Pada dasarnya kuliah bukan hanya belajar mengenai nilai akademis, tetapi juga nilai sosial yang kelak akan kamu terapkan di dunia kerja.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like