Salah Keramas Bisa Merusak Rambut Lho! Atasi Dengan Cara Simpel Ini Aja

0 Shares
0
0
0

Rambut yang indah dan berkilau menjadi dambaan banyak orang. Salah satu cara mendapatkan sambut yang indah adalah dengan merawatnya melalui keramas. Sayangnya tidak sedikit yang belum mengetahui cara keramas yang benar agar rambut tetap sehat. Maka tidak heran bila masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat keramas.

Bagaimana cara keramas yang benar agar rambut tetap sehat? Ada beberapa langkah yang harus di lakukan. Mulai dari membahasai rambut, mengaplikasikan shampo sehingga membilasnya. Penasaran kan? Yuk ikuti ulasannya berikut ini.

1. Basahi Rambut Dengan Air Dingin Terlebih Dahulu
Kamu sering mandi pagi? Kalau iya pasti kamu sering menggunakan air hangat ya untuk mandi? Mandi dengan air hangat memang cukup menyegarkan dan mampu merelaksasi tubuh. Sayangnya jika kamu menggunakan air hangat untuk membasahi rambut sebelum keramas maka akan menimbulkan efek yang buruk pada kesehatan kulit dan rambut. Air hangat dapat menghilangkan minyak esensial atau minyak alami rambut. Sehingga rambut menjadi kering, kusut dan rontok. Untuk menghindari hal ini, lebih baik kamu menggunakan air dingin untuk membasahi rambut.

BACA JUGA: 3 Langkah Penting Untuk Atasi Rambut Berminyak Dan Berketombe

2. Gunakanlah shampo Secukupnya
Hal yang paling penting buat kamu perhatikan adalah pemilihan shampo yang akan digunakan. Sebelum keramas tentunya kamu harus memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut atau jenis kerusakan rambut kamu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan masalah rambut itu lebih efektif.

Oh ya, masih ada beberapa kesalahan yang sering di lakukan ketika keramas. Kebanyakan orang mengaplikasikan shampo dari kulit kepala hingga bawah rambut. Padahal menurut para ahli, keramas yang efektif adalah dengan mengaplikasikan shampo pada kulit kepala saja. Dikarenakan di kulit kepala menjadi tepat berkumpulnya kotoran rambut. Sedangkan untuk penggunaan shampo lebih baik dengan takaran secukupnya saja. Terlalu banyak menggunakan shampo tidak semakin membersihkan kotoran di kepala. Namun busa dari shampo yang berlebihan bisa tertinggal dan menyebabkan ketombe.

3. Pijat Kepala Secara Halus
Setelah menggunakan shampo berikan pijatan terlebih dahulu. Banyak orang yang belum mengetahui cara memijat rambut saat keramas yang benar. Cara memijat kepala yang benar ini adalah memulai dari bagian bawah kemudian ke bagian atas. Tujuan dari pemijatan ini agar memperlancar aliran darah di kepala sehingga akar rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

4. Segera Bilas Rambut Dengan Air
Ketika kamu sudah selesai melakukan pijatan pada rambut. Maka diamkan rambut selama 1 hingga 2 menit sebelum membilasnya menggunakan air bersih. Selama membilang sisa-sisa shampo di kepala, pastikan kamu tidak terlalu lama mengguyurnya dengan air. Karena minyak alami di kulit kepala bisa hilang sehingga kulit kepala menjadi kering dan rambut mudah berketombe.

5. Gunakanlah Kondisioner Rambut
Agar rambutmu lembut dan mudah diatur kamu bisa menggunakan kondisioner rambut. Penggunaan kondisioner ini sekitar 5 menit setelah kamu keramas. Dengan begitu rambut kamu akan menjadi lebih sehat berkilau dan bervolume.

6. Keringnya Dengan Cara Alami
Ada beberapa kesalahan yang sering di lakukan setelah selesai keramas yaitu:

  • Mengeringkannya dengan hair dryer
  • Langsung menggunakan jilbab (bagi hijabers) atau topi untuk bepergian
  • Langsung menyisir rambut yang masih basah

BACA JUGA: Terlalu Sering Keramas Bisa Bikin Rambut Rusak? Lho Kok Bisa!

Itu beberapa kesalahan saat keramas yang sering kita lakukan tanpa disadari. Padahal hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi mudah patah bahkan rontok. Itu kenapa, setelah selesai karamas kamu harus mengeringkannya secara alami dengan cara di angin-anginkan baru setelah itu menggunakan serum rambut untuk menutrisi setiap helai rambutmu. Eits, nggak cuma harus keramas dengan cara yang benar aja lho, kamu juga bisa memberikan perawatan ekstra seperti melakukan hair treatment atau hair mask pada rambutmu. Selain memberikan nutrisi lebih pada rambut, perawatan ini juga membantumu rileks kembali dari segala aktifitasmu lho. Lumayan kan rambut bisa kembali sehat sekaligus kamu dapat pijatan-pijatan yang bisa mengembalikan semangatmu. Buruan ambil waktu sejenak yuk.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like