Punya Kulit Kering Berjerawat? Lakukan Ini Pada Wajahmu

0 Shares
0
0
0

Kulit berminyak memang lebih sering bermasalah dengan yang namanya jerawat. Namun, apa jadinya jika kulit yang kering juga mengalami masalah yang sama. Duh, bisa semakin memperburuk kondisi kulit wajah kamu nih. Eitss, jangan keburu panik dulu, sebab kulit kering berjerawat bisa diatasi kok. Tapi kamu harus paham dulu ya beberapa fakta berikut agara kamu bisa mengatasi kulit kering berjerawat di wajahmu.

Fakta kulit kering berjerawat

Produksi sebum atau minyak berlebih bisa mengakibatkan jerawat timbul pada wajah. Tapi itu terjadi jika kamu memiliki tipe kulit wajah yang cenderung berminyak ya. Sedangkan untuk kamu yang punya kulit kering, kulit justru tidak lagi mampu melakukan regenerasi sel secara konsisten pada lapisan minyak yang dihasilkan kulit. Tentu saja hal ini mengakibatkan produksi minyak kulit kering lebih banyak dan membuat sel kulit mati menumpuk pada kulit.

Sel kulit mati yang semakin menumpuk dan tidak bisa teregenerasi dengan baik mengakibatkan iritasi dan peradangan. Peradangan inilah yang membuat masalah baru muncul yaitu jerawat. Jangan heran jika kulit kering berjerawat membuat banyak orang jengkel. Kulit kering berjerawat bisa juga disebabkan karena kulit sensitif lho. Nah untuk kamu yang punya kulit sensitif juga perlu waspada nih sama masalah satu ini. Selain itu, penggunaan produk yang tidak tepat seperti facial scrub, peeling dan lain-lain juga bisa menyebabkan kulit kering semakin berpotensi timbul jerawat. Wah, gawat ya!

Solusi mengatasi kulit kering berjerawat

Jika kamu ingin menggunakan skincare untuk atasi kulit kering berjerawat, sebaiknya melakukan tahap perawatan berikut ini ya agar kulit wajah bisa terbebas dari masalah lain di wajah.

1. Menggunakan produk pelembab dan tabir surya yang tidak mengandung minyak
Pilih produk kecantikan yang tidak mengandung minyak seperti pelembab yang wajib dioleskan sebelum memakai obat jerawat. Gunakan jenis pelembab yang mengandung SPF dan krim malam yang sesuai saat malam hari.

2. Memakai krim atau skincare khusus jerawat
Obat jerawat biasanya akan membuat kulit terasa kering, mengelupas dan iritasi. Namun, kamu bisa tetap melanjutkan asal tidak terjadi komplikasi lanjutan. Pilih krim atau skincare khusus jerawat dari bahan-bahan alami ya, agar jerawat nggak datang lagi.

3. Memakai sabun pembersih tanpa busa
Mencuci wajah merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit kering berjerawat setidaknya minimal dua kali sehari. Selain itu, kamu harus sering mencuci handuk dan memakai sabun pembersih tanpa busa.

Kulit kering berjerawat kamu memerlukan pemilihan produk skincare yang tepat ya. Itu kenapa, kamu sangat disarankan untuk memilih produk-produk dengan kandungan bahan alami. Walaupun hasilnya memang tidak langsung terlihat alias memerlukan proses, tapi memilih bahan-bahan alami justru lebih menguntungkan karena nggak bakalan buat kulitmu ketergantungan loh. Oh iya, jangan lupa untuk menyempatkan melakukan facial untuk wajahmu ya, karena wajah kering juga membutuhkan nutrisi tambahan. Kamu bisa memilih facial yang juga berbahan alami ya, udah banyak kok tempat-tempat facial yang mengusung konsep bahan-bahan alami. Tapi jangan sampai salah pilih ya, karena yang alami itu membuat wajah cerah alami bukan justru putih pucat.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like