5 Penyebab Jerawat Batu Bisa Muncul Di Wajah, Kamu Udah Tahu Belum?

0 Shares
0
0
0

Pernahkan kamu menemukan jerawat besar saat bercermin setelah bangun tidur pagi hari? Pasti akan langsung merusak moodmu selama seharian. Karena jerawat di wajah memang sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Apalagi jika yang muncul jerawat batu. Apa itu jerawat batu dan apa penyebab jerawat batu? Mungkin banyak yang mengira jerawat batu adalah jerawat yang keras seperti batu. Namun sayangnya itu salah.

Jerawat batu atau istilah medisnya disebut cystic acne terbentuk di dalam kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati. Bisa juga karena terperangkapnya bakteri penyebab jerawat dalam pori-pori kulit. Akibatnya terjadi inflamasi yang ditunjukkan dengan munculnya benjolan merah besar dan berisi nanah. Jerawat batu memiliki potensi meninggalkan bekas bopeng pada wajah bila tidak segera ditangani dengan benar. Secara umum jerawat muncul karena ketidak seimbangan hormonal. Namun masih banyak faktor penyebab lainnya, seperti:

1. Faktor Genetik, Jika Memiliki Orang Tua Berjerawat Kemungkinan Besar Akan Mengalaminya Juga
Seperti halnya masalah penyakit kulit lainnya, bakat jerawat batu juga bisa diturunkan karena genetik. Orang tua yang memiliki riwayat kulit berjerawat akan diturunkan kepada anaknya. Jadi jika kamu memiliki orang tua berjerawat kemungkinan besar kulitmu juga akan berjerawat. Walaupun faktor gaya hidup juga memiliki pengaruh besar terhadap timbulnya jerawat di kulitmu.

Kamu Wajib Tahu: Facial Yang Bisa Kamu Pilih Saat Tanggal Tua, Hmmm…

2. Faktor Hormonal, Jerawat Batu Bisa Timbul Saat Terjadi Ketidakseimbangan Hormon
Pada perempuan jerawat sering tumbuh saat terjadi lonjakan hormone esterogen, seperti saat siklus menstruasi, kehamilan, masa menopause. Disaat-saat seperti itu jerawat batu biasanya muncul pada sebagian besar perempuan, walau pun tidak semua mengalaminya. Pada pria jerawat batu muncul karena peningkatan hormone androgen, biasanya saat menginjak usia remaja. Peningkatan hormone memicu perubahan pada kulit yang menyebabkan penyumbatan pori-pori.

3. Kosmetik Yang Tidak Cocok Dengan Jenis Kulit Akan Menimbulkan Masalah Jerawat Batu
Bahan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit, biasanya akan menimbulkan ketidakcocokan. Seperti kosmetik yang terlalu banyak mengandung minyak, jika digunakan pada kulit berminyak maka akan menimbulkan jerawat pada wajah. Selain itu kosmetik yang tidak dibersihkan dengan benar, akan menyumbat pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat batu.

4. Produksi Minyak Berlebih Pada Kulit Akan Meningkatkan Kemungkinan Munculnya Jerawat Batu
Produksi minyak tergantung pada jenis kulit seseorang, dan jenis kulit ini masih ada hubungannya dengan faktor genetik. Kulit yang memproduksi minyak berlebih akan menyebabkan pori-pori tersumbat oleh minyak tersebut. Pori-pori yang tersumbat inilah yang akan menimbulkan jerawat batu pada wajahmu.

5. Kulit Mati Yang Menumpuk Disertai Dengan Infeksi Bakteri Akan Menjadi Sebab Timbulnya Jerawat
Kulit mati hendaknya dibersihkan dengan cara yang benar setiap hari, agar tidak terjadi penumpukan dalam folikel rambut. Karena jika terjadi penumpukan sel kulit mati di folikel rambut, ditambah dengan adanya bakteri Propionibacteria akan menyebabkan terjadinya jerawat batu.

Kamu Wajib Tahu: Wajah Mudah Berjerawat? Cek Produk Perawatan Wajah Kamu Yuk

Hilangkan Jerawat Batu Dengan Treatment Facial Yang Tepat

Sesudah memahami apa dan penyebab jerawat batu, sekarang saatnya kamu memikirkan perawatan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Jika kamu mengalami jerawat batu, jangan khawatir, sekarang ada cara efektif menghilangkannya, salah satunya dengan treatment facial berbahan alami. Nggak perlu takut jerawat batu jadi membuat banyak bekas jerawat di wajah karena treatment facial di klinik kecantikan Larissa Aesthetic Center memberikan perawatan wajah lengkap, aman untuk kulit, nggak membuat kamu ketergantungan sama facialnya dan tentunya membantu mengatasi jerawat di wajah. Nah untuk kamu yang punya masalah jerawat di wajah, terutama jerawat batu, kamu bisa pilih salah satu treatment anti acne dari Larissa Aesthetic Center yaitu treatment IPL Acne (Intense Pulsed Light). Treatment facial ini bekerja langsung mengempeskan jerawat dan mengatasi bakteri yang sebabkan jerawat di wajah. Udah bosan kan sama jerawat yang nempel terus di wajah, kini saatnya kamu singkirkan jerawat dan tampilkan wajah mulus serta cerah alami.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like