Apa Benar, Stres Menyebabkan Timbulnya Jerawat?

0 Shares
0
0
0

Apa Benar, Stres Menyebabkan Timbulnya Jerawat?
Memang banyak orang yang beranggapan timbulnya jerawat lebih banyak diakibatkan dari polusi udara dan kotoran atau debu yang menumpuk di kulit pori-pori wajah, sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori sehingga infeksi dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

Sebenarnya timbulnya jerawat tak hanya dari polusi udara atau kotoran melainkan juga dari pikiran yang stres karena terlalu banyak memikirkan beban yang terlalu berat.

Kenapa stres bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat ?
Jerawat memang juga bisa timbul akibat dari pikiran yang stres mislanya saat kamu menstruasi, saat akhir bulan, saat menjalani persiapan ujian atau mempersiapkan hal-hal yang besar persiapannya.

Bersumber dari berbagai penelitian para ilmuwan yang menjelaskan detail hubungan stres dan jerawat dengan bukti medis yang masuk akal, berikut kronologinya:

1. Sel-sel kulit memiliki reseptor atas hormon stres.
Reseptor tersebut akan bereaksi saat terbentuknya sebum.

2. Sebum sendiri adalah substansi yang merupakan kumpulan bakteri yang menutup pori, sel kulit mati, serta debu dan kotoran. Ketika sebum menyumbat pori, maka terbentuklah jerawat dan komedo.

3. Sebum dan minyak di kulit akan diproduksi lebih banyak ketika seseorang dalam masa stres, dan inilah mengapa jerawat semakin banyak muncul di kulit.

Namun penelitian tersubut masih terus dikembangkan demi mencari solusi terbaik dan ampuh mengatasi jerawat. Sehingga disarankan agar wanita bahkan pria juga harus mengontrol emosi atau stres juga menjaga kebersihan kulit setiap hari untuk mencegah si jerawat muncul. Dan pastikan jika kamu menggunakan produk kecantikan harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi kulit kamu. Sehingga jika kulit kamu sensitif tidak mudah mengakibatkan iritasi atau bahkan timbulnya jerawat.

Sumber : https://goo.gl/UKGWds

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like