5 Penyebab Kulit Kering Saat Berpuasa Dan Cara Mengatasinya Agar Puasamu Khusyuk

0 Shares
0
0
0

Berpuasa adalah menahan lapar dan dahaga dari Subuh sampai Magrib, selama itu pula tubuh tidak mendapat asupan cairan dan zat gizi yang cukup. Kulit adalah salah satu organ tubuh yang paling sensitif terhadap perubahan di dalam tubuh. Jika kondisi tubuh sedang dalam kondisi tidak baik maka akan tercermin pada keadaan kulitmu. Ada beberapa hal yang juga menjadi penyebab kulit kering saat berpuasa.

Apasiih penyebab kulitmu kering saat berpuasa? Tubuh yang dehidrasi, konsumsi buah dan sayur kurang. Melakukan aktivitas di luar ruangan, kurangnya konsumsi lemak, dan konsumsi kopi juga andil dalam menyebabkan kulitmu kering.

Penyebab Kulitmu Kering Ketika Puasa
Kulit kering saat berpuasa sebenarnya kondisi yang wajar, kenapa? Karena selama kurang lebih 12 jam tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan dari luar, sehingga terjadi ketidakseimbangan cairan tubuh, selain itu ada penyebab lain yang memperparah keadaan kulit kering. Berikut beberapa penyebab kulit kering saat berpuasa:

1. Dehidrasi Akibat Kurangnya Asupan Cairan
Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kekurangan cairan dan umumnya disebabkan karena kurangnya asupan cairan dari luar. Saat berpuasa hal itu sangat wajar terjadi, karena kamu tidak minum dari sahur sampai berbuka puasa. Keadaan dehidrasi juga akan berakibat pada salah satu organ tubuh terluarmu yaitu kulit. Saat keadaan dehidrasi suplai cairan ke kulit pun berkurang, hal ini yang menyebabkan keadaan kulitmu menjadi kering.

2. Kurangnya Konsumsi Buah Dan Sayur
Buah dan sayur adalah bahan makanan yang memiliki kadar air cukup tinggi yang baik untuk menjaga kelembaban kulitmu. Terutama buah-buahan yang tinggi cairan seperti semangka, jeruk, pisang dan masih banyak lagi. Saat berpuasa jumlah porsi konsumsi buah dan sayur akan berkurang, hal ini yang akan menyebabkan kulitmu menjadi kering. Itu kenapa penting bagi kamu utnuk tetap mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang cukup tinggi saat berbuka dan sahur.

3. Melakukan Aktivitas Di Luar Ruangan Saat Berpuasa
Melakukan aktivitas di luar ruangan akan menyebabkan kulit terpapar sinar matahari langsung, yang akan menyebabkan penurunan kelembaban. Jika terjadi terus menerus akan menyebabkan kulit menjadi kering, apalagi saat kamu sedang berpuasa, kulitmu akan menjadi semakin kering. Karena terpapar sinar matahari dan kurangnya jumlah konsumsi air putih dalam sehari. Nggak ada salahnya kamu menggunakan body butter untuk tetap menjaga kelembaban kulitmu.

4. Kekurangan Lemak Sebagai Pelembab Kulit
Lemak tak jenuh dalam makanan memiliki fungsi menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kekurangan zat gizi tersebut akan menyebabkan kulit kering, tidak kencang dan keriput. Selama bulan puasa, makan besar hanya dilakukan 2x dalam sehari, hal ini yang akan menyebabkan tubuh merasa kelaparan dan memecah cadangan lemak dalam tubuh. Sehingga konsentrasi lemak berkurang dan kulit menjadi kering serta kusam. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pelembab berbahan alami untuk wajahmu.

5. Konsumsi Kopi Saat Sahur Atau Buka
Jika tidak ingin kulitmu kering, sebaiknya hindari mengkonsumsi kopi berlebihan saat berpuasa. Kenapa? Karena kopi memiliki zat aktif bernama kafein, yang sebenarnya memiliki efek positif bagi kulit, namun jika terlalu sering dikonsumsi justru akan memicu dehidrasi di kulitmu. Keadaan dehidrasi ini yang akan memicu kulitmu menjadi kering.

Treatment Yang Cocok Untuk Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering Saat Berpuasa

Kulit yang kering saat berpuasa memerlukan perhatian khusus, dengan perlakuan yang khusus untuk mengatasi kulit kering. Kamu harus merehidrasi kulitmu dengan perawatan dari luar tubuh jika diperlukan. Kamu bisa coba Banana Nourishing Facial dari Larissa Aesthetic Center, yang memberi khasiat alami dari buah pisang. Treatment ini mampu melembabkan kulitmu yang kering, terutama saat berpuasa, sehingga kamu, bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk tanpa takut kulitmu kering.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like