Hijabers, Ternyata Kebiasaan Buruk Ini Membuat Rambut Rusak

0 Shares
0
0
0

Banyak hijabers yang mengalami berbagai masalah kerusakan rambut, seperti berketombe, rontok, bercabang lepek dan lainnya. Penyebab rambut rusak ini karena kebiasaan buruk para hijabers yang dirasa hal sepele namun dampaknya sangat besar. Misalnya saja kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang, menggunakan hijab saat rambut masih basah, jarang keramas, sering keramas dan tidak melepas jilbab dan ikan rambut setelah beraktivitas. Ini semua dapat menjadi penyebab rambut rusak, kenapa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Untuk wanita berhijab yang memiliki rambut panjang, tentu akan mengikat rambut sebelum mengenakan jilbab. Namun terkadang para wanita mengikat rambut terlalu kencang, hal ini memberikan tekanan berlebihan pada folikel rambut sehingga merusak kesehatan folikel. Tekanan berlebih pada rambut juga bisa mengakibatkan kerusakan rambut secara permanen yang membuat rambut mudah rontok dan sulit tumbuh lagi. Oleh karena itu, lebih baik kamu menghindari mengikat rambut terlalu kencang khususnya saat rambut masih basah karena akan memicu pertumbuhan jamur yang menyebabkan infeksi kulit dan memperparah kerontokan rambut.

2. Menggunakan Hijab Saat Rambut Masih Basah
Kebiasaan lainnya dari hijabers adalah buru-buru beraktivitas sehingga tidak memiliki waktu untuk menunggu rambut kering setelah keramas. Hal ini mungkin terlihat sepele dan tidak memiliki dampak apapun jika jarang dilakukan. Tapi bagi kamu yang menjadikan hal ini sebagai kebiasaan tentunya akan membuat masalah pada rambut seperti rambut mudah rontok dan timbul ketombe. Sebelum menggunakan hijab alangkan lebih baik jika kamu menunggunya sampai benar-benar kering dengan cara di angin-anginkan dan hindari penggunaan hair dryer.

BACA JUGA: Rambut Rusak? Yuk Pilih Serum Terbaik Untuk Rawat Dan Kilaukan Rambut

3. Jarang Keramas
Rutinitas yang terlalu padat membuat sebagian wanita jarang memiliki waktu untuk sekedar mencuci rambutnya. Hal ini membuat kondisi rambut semakin kotor dan kering sehingga mudah untuk rontok. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencuci rambut minimal 2 hari sekali menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu agar tetap kuat dan halus.

4. Terlalu Sering Keramas
Mencucui rambut memang baik untuk menjaga kebersihan rambut, namun terlalu sering keramas menggunakan shampoo ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Karena minyak alami dalam rambut akan semakin hilang akibat shampoo berbahan kimia dan membuat rambut mudah rontok karena kering. Oleh karena itu pilihlah shampo yang menggunakan bahan alami yang aman dan minim bahan kimia agar tidak berbahaya ketika digunakan.

5. Tidak Melepas Jilbab Dan Ikan Rambut Setelah Beraktivitas
Setelah seharian beraktivitas banyak wanita berhijab yang tidak langsung melepas jilbab dan ikatan rambut yang mereka kenakan. Hal ini menjadi salah satu penyebab rambut rontok karena tidak ada ruang bagi rambut untuk bernafas setelah beraktivitas di luar ruangan. Rambut juga butuh di istirahatkan karena udara dalam jilbab lembab bercampur dengan keringat dan kotoran tentunya sangat membuat tidak nyaman. Oleh karena itu usahakan melepas hijab dan ikatan rambut agar rambut bisa digerai setelah tiba di rumah.

BACA JUGA: Mau Punya Wajah Awet Muda Seperti Artis Korea? Intip Rahasianya Yuk

Untuk mengatasi 5 penyebab rambut rusak diatas, kamu bisa memilih melakukan perawatan ekstra lho, selain harus mencuci rambut tentunya. Untuk mencuci rambut pun, kamu butuh produk shampo yang tepat karena rambut rusak berbeda dengan rambut rontok atau bahkan rambut berketombe. Ada baiknya kamu memilih produk shampo berbahan collagen. Collagen nggak hanya bermanfaat membuat kulit menjadi elastis, namun juga bisa mengatasi rambut rusak dan kering. Itu kenapa menutrisi setiap helaian rambut dengan collagen dapat membuat rambut lembut dan sehat. Nah untuk kamu para hijabers, kamu bisa memilih produk berbahan collagen sebagai pilihan. Eits tapi nggak cukup hanya sampai di produk ya, perawatan ekstra seperti hair mask dan ahir treatment juga wajib kamu lakukan setidaknya 1-2 kali dalam sebulan. Hal ini supaya rambut bisa kembali bernafas dan mendapatkan nutrisi baru. Nggak hanya itu aja, umumnya treatment rambut juga memberikan pijatan-pijatan lembut yang bisa membuat tubuh kembali rileks. Kan nggak menjadi sia-sia dong melakukan perawatan rambut sekaligus dapat pijatan lembut.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like