Mengaplikasikan Masker Lebih Lama Di Wajah Justru Semakin Baik? Ini Faktanya

0 Shares
0
0
0

Menggunakan masker secara teratur memang sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Namun jika penggunaannya tidak tepat justru akan membuat wajahmu bermasalah lho. Masker memang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah di wajah, seperti jerawat, kulit kering, keriput, berminyak, noda gelap dan masih banyak lagi. Namun perlu kamu tahu, masker memiliki banyak jenis dan berbeda cara penggunaannya. Anggapan bahwa mengaplikasikan masker lebih lama membuat wajah semakin baik, itu bisa benar bisa salah.

Mengapa demikian? Karena faktanya ada jenis masker yang harus digunakan sebentar dan ada jenis masker yang harus digunakan semalaman. Sebaiknya kamu ketahui beberapa jenis masker dan cara penggunaannya agar kamu bisa memahaminya. Beberapa jenis masker seperti Sheet mask, Clay mask, Sleeping mask, Hydrating mask dan Acid mask cara penggunannya berbeda-beda.

5 Jenis Masker Wajah Dan Cara Penggunaannya
Ada berbagai jenis dan merek masker yang dijual di pasaran saat ini, kamu harus pandai memilih yang cocok untuk kulitmu. Selain itu, kamu juga harus tahu cara penggunaannya agar mendapatkan manfaat yang kamu inginkan. Berikut jenis masker dan cara penggunaannya.

1. Sheet Mask Atau Masker Tisu
Masker ini adalah jenis masker sekali pakai yang terdiri dari banyak formulasi khusus, mulai dari untuk mengatasi kulit yang gelap hingga kulit kering. Sheet mask juga ada yang diformulasikan khusus untuk mengencangkan kulit wajah. Sebelum menggunakannya, kamu harus membaca dulu instruksinya dengan cermat ya, karena setiap merk akan memiliki cara yang berbeda.
Rata-rata hanya diperlukan waktu 20 menit untuk memakainya, jika sudah mengetahuinya jangan kamu perpanjang jadi 30 menit atau lebih lama. Hal itu karena akan membuat zat aktif dalam sheet mask menguap dan tidak terserap oleh wajah, jadi sia-sia dong! Oh iya, jenis masker ini bisa kamu gunakan setiap hari atau saat wajahmu dalam kondisi yang kurang baik dan membutuhkan nutrisi, seperti saat wajah terlihat kusam.

2. Clay Mask
Jenis masker ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat. Clay mask memiliki kemampuan menarik kotoran dan minyak pada wajah serta membuat kulit lebih lembut dan halus. Pori-pori kulit juga akan mengecil saat kamu rutin menggunakannya, yaitu cukup 2x sebulan ya.
Saat menggunakan clay mask, jangan biarkan sampai terlalu kering, cukup sampai masker berubah warna itu berarti saatnya dibilas. Jika terlalu lama hingga sangat kering, maka kulitmu akan kering karena kelembaban kulit hilang.

3. Sleeping Mask
Inilah satu-satunya masker yang aman digunakan dalam waktu yang sangat lama, yaitu semalaman selama kamu tidur. Karena komposisinya memang dibuat untuk menghidrasi kulit, sehingga saat bangun kulit akan terhidrasi sempurna. Jadi, penggunaan masker ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Hanya saja jangan gunakan setiap hari ya, karena sleeping mask ini diformulasikan sebagai perawatan dalam keadaan darurat, 1-2 kali seminggu sudah cukup.

4. Hydrating Mask
Masker ini dibuat untuk kamu yang memiliki kulit sangat kering, banyak penyebab kulit menjadi sangat kering salah satunya adalah dehidrasi. Bahan aktifnya mengandung gliserin dan hyaluronic acid yang dapat menormalkan keadaan kulit, dengan mengembalikan kelembaban kulitmu. Pemakaiannya tidak boleh terlalu sering, gunakan kira-kira 3-4 kali seminggu saat kulitmu benar-benar kering.

5. Acid Mask
Jenis masker yang satu ini, diperuntukkan wajah kusam dengan pori-pori tersumbat. Masker ini dapat meluruhkan sel kulit yang sudah mati sehingga terjadi regenerasi sel kulit baru. Dengan zat aktif alpha dan beta hydroxy acid untuk mencerahkan wajah, menyamarkan kerutan dan garis halus dan mengurangi komedo. Penggunaannya tidak boleh kelamaan karena kulit akan terasa tingling.

Nah, udah tahukan beberapa jenis masker dan cara penggunannya, jadi apakah semakin lama mengaplikasikan masker di wajah justru semakin baik? Faktanya adalah tergantung jenis masker mana yang kamu gunakan, karena memiliki cara penggunaan masing-masing. Terlepas dari jenis masker dan cara penggunaannya, kamu juga wajib memperhatikan skincare yang kamu gunakan ya, karena skincare juga mempengaruhi kesehatan kulit wajahmu lho. Kalau skincare yang kamu gunakan nggak memberikan dampak pada kulit, terlebih justru menimbulkan masalah di kulit, itu tandanya produk skincare tersebut nggak cocok dengan kulitmu dan saatnya kamu beralih ke skincare lain.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like