Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

0 Shares
0
0
0

Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Perlindungan kulit dari sinar matahari dan polusi udara tidak hanya dari luar saja, melainkan dengan cara perawatan kulit dan konsumsi buah dan sayur yang seimbang. Karena dengan kita melalukan perawatan kulit secara berkala dan konsumsi buah serta sayuran maka peremajaan kulit akan berjalan seimbang dan berdampak maksimal terhadap kesehatan kulit dari luar dan dalam.

Apa saja jenis buah dan sayuran yang baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari? Tentunya makanan atau buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan akan membantu kulit meningkatkan produksi kolagen sekaligus memperlambat proses penuaan dengan melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Dr Howard Murad, M.D., pendiri Murad Inc mengungkapkan tubuh bisa meningkatkan kemampuannya melawan efek buruk sinar matahari secara alami dengan makanan yang tepat. Bagaimana cara kerja makanan-makanan ini melindungi kulit dari sinar matahari?

Paparan sinar UVA dan UVB bisa merasuk ke bagian kulit terdalam dan menyebabkan masuknya radikal bebas. Untuk menangkal radikal bebas, diperlukan makanan tinggi antioksidan untuk menghalangi efek buruk radikal bebas yang umumnya merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini hingga kanker. Dr Murad menjelaskan bahwa paparan UV dari sinar matahari juga menstimulasi produksi collagenase di dalam kulit yang merusak kolagen.

“Paparan sinar matahari juga meningkatkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas bisa berkembang dari aktivitas yang kita lakukan termasuk makan. Tubuh sebenarnya bisa menahannya, tapi ketika radikal bebas terlalu banyak terbentuk di dalam tubuh bisa menyebabkan penumpukan yang memicu penuaan dini,” papar Dr Murad, seperti dikutip dari So Feminine.

Oleh karena itu Anda disarankan mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang berasal dari sayur serta buah beraneka warna. Sayur dan buah berwarna kaya antioksidan yang membantu mencegah kerusakan pada kulit.

Contohnya buah tomat, merupakan salah satu makanan yang bisa beraksi sebagai tabir surya alami. Tomat sudah sejak lama dipercaya bisa menangkal efek negatif sinar matahari. Studi yang dilakukan BBC memperlihatkan, partisipan penelitian yang makan pasta tomat selama 12 minggu berturut-turut, perlindungan tubuhnya terhadap sinar matahari meningkat hingga 30 persen.

Tomat tinggi akan lycopene, antioksidan yang banyak terdapat pada buah dan sayur berwarna oranye atau merah. Tak hanya melindungi kulit dari kerusakan, lycopene juga memberikan rona kemerahan alami pada kulit terutama wajah.

Ketimbang tomat segar, tomat yang dimasak atau dibuat pasta dan saus mengandung konsentrasi lycopene yang lebih tinggi. Tapi perlu diingat, hanya pasta atau saus yang terbuat dari tomat asli yang bisa memberikan perlindungan maksimal bagi kulit. Jika produk tersebut lebih banyak mengandung bahan tambahan, maka khasiatnya akan jauh berkurang.

Nah, sudahkah kamu rajin konsumsi buah tomat dan sayuran lainnya ?? Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk kita semua dear.

 

 

 

Dikutip : https://goo.gl/0S36Xe

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like