Perawatan Wajah Untuk Kulit Sensitif, Simpel Kok!

0 Shares
0
0
0

Memiliki kulit wajah yang sensitif bukanlah perkara yang mudah, karena kamu harus ekstra hati-hati dalam melakukan perawatan wajahmu. Cara merawat kulit wajah memang berbeda untuk setiap jenis kulit, apalagi jenis kulit sensitif yang tidak bisa menerima sembarangan produk kecantikan. Dalam melakukan perawatan wajah untuk kulit sensitif kamu harus pandai dalam memilih produk perawatan dan membaca komposisi bahannya. Karena mayoritas yang sekarang memiliki kulit sensitif dulunya pernah menggunakan krim berbahaya bagi kulitnya. Nah, jika kamu sebagai pemilik wajah sensitif harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perawatan wajah untuk kulit sensitif.

1. Gunakan Make Up Yang Berlabel Hypoallergenic
Saat kamu memilih produk perawatan kulit sensitif pastikan kamu membaca dengan cermat, cari produk dengan label hypoallergenic. Produk make up dengan label tersebut sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit, biasanya berbahan dasar air bukan alkohol. Dengan demikian teksturnya cenderung ringan sehingga pori-pori kulitmu tidak akan mudah tersumbat. Walau sudah menggunakan yang hypoallergenic, tetap jangan lupa membersihkannya sebelum tidur agar tidak menimbulkan masalah kulit.

2. Selalu Gunakan Sunscreen Saat Beraktivitas Di Luar Ruangan
Paparan sinar UV memiliki efek yang bahaya bagi kulit, apalagi jika kulitmu tergolong sensitif. Terkena paparan sinar UV tanpa perlindungan bisa menimbulkan permasalahan pada kulit seperti jerawat, flek hitam, dan kulit kering. Itulah mengapa kamu harus menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk menghalangi paparan UV terhadap kulitmu. Itulah salah satu cara merawat kulit sensitif agar terlindung dari sinar UV dan tidak mengalami masalah kulit.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Manfaat Facial Bagi Wajah Kamu

3. Batasi Penggunaan Produk Wajah
Kulit sensitif yang rentan dengan bahan-bahan asing yang menempel pada kulit, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan produk perawatan untuk wajahmu. Misalnya dalam penggunaan make up, jangan gunakan dengan banyak lapisan, seperti pelembab, foundation, bedak, concealer dan sebagainya. Hindari penggunaan produk yang menumpuk pada wajahmu, agar sel-sel pada epidermis tidak terganggu keseimbangannya.

4. Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka
Mencuci muka memang bagus, tapi tidak demikian jika kamu lakukan terlalu sering dengan kulit wajahmu yang sensitif. Terlalu sering mencuci muka kulit sensitif akan menyebabkan kehilangan kelembaban alami kulit, sehingga menjadi semakin kering. Dalam keadaan seperti itu, maka wajahmu akan terasa kencang, gatal seperti ditarik-tarik, kadang juga muncul kemerahan. Cucilah muka seperlunya saja maksimal tiga kali sehari.

5. Gunakan Pelembab Untuk Merawat Kulit Sensitifmu
Melembabkan wajah bisa dilakukan dengan sangat mudah, yaitu pertama kamu harus membersihkan kulitmu terlebih dahulu. Segera keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya dengan jarimu sampai kering atau dengan handuk. Setelah 3 menit berikan pelembab wajah untuk kulit sensitif, itulah langkah sederhana merawat kulit sensitif. Sebagian besar kandungan tubuh adalah air yaitu sekitar 80%, namun di wajah hanya sekitar 30% saja. Untuk melindungi kulit dari peradangan dan inflamasi, maka kamu wajib untuk melembabkannya dengan pelembab dari luar.

Merawat wajah sensitif memang cukup merepotkan, apalagi kamu harus mencari produk khusus untuk kulit sensitif agar tidak menyebabkan reaksi iritasi. Tapi tenang, udah banyak kok produk wajah yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Nggak hanya itu, perawatan facial untuk kulit sensitif juga udah ada kok, kamu bisa memilih treatment dari bahan alami seperti fruit facial, organic facial atau bahkan green tea facial yang ditawarkan dibeberapa klinik kecantikan terdekat di kotamu. Nah sekarang giliran kamu nih memilih produk dan perawatan yang tepat untuk wajahmu.

BACA JUGA: Perhatikan 5 Tips Memilih Skincare Sebelum Membelinya

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like