Resep Makanan Sehat Yang Patut Kamu Coba Untuk Buka Puasa

0 Shares
0
0
0

Bertemu kembali dengan bulan Ramadhon adalah suatu kebahagian, jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan sehat anda selama puasa. Jangan karena balas dendam setelah menahan lapar seharian lalu khilaf saat berbuka puasa. Hal itu tidak akan baik untuk kesehatanmu, apalagi jika kamu termasuk yang menjalankan diet pola hidup sehat. Sudah jadi kebiasaan kalau selalu berbuka dengan yang manis-manis, padahal kandungan gula berlebih tidak baik bagi kesehatanmu. Sebagai gantinya resep makanan sehat ini patut kamu coba.

Kamu bisa memulai buka puasamu dengan makanan dan minuman yang terbuat functional food, yang baik bagi kesehatan dan kulitmu. Makanan seperti Puding Green Tea, Smoothies Sawi, Wedang Coklat Jahe, Es Kolang-kaling Dan Red Smoothies. Yuk simak resep dari makanan dan minuman functional tersebut sebagai inspirasi buka puasamu.

5 Resep Makanan Sehat Untuk Berbuka
Makanan yang baik untuk berbuka puasa tentu adalah makanan yang sehat dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatanmu. Makanan hidangan yang manis dan mengandung banyak gula sangat tidak baik bagi tubuhmu. Sekarang kamu bisa coba resep makanan sehat yang cocok untuk berbuka puasa, seperti di bawah ini:

1. Puding Green Tea Untuk Mengencangkan Kulit
Bahan: 600 cc susu cair low fat, 125 gram gula pasir/ gula diet, 1 bungkus agar-agar bubuk warna hijau. Siapkan juga ½ sdt bubuk matcha green tea, dan potongan buah strawberry.
Cara Membuat: Membuatnya mudah, sama seperti langkah membuat pudding campurkan semua bahan kecuali strawberry masak hingga mendidih. Lalu cetak dengan memasukkan buah ke dalam cetakan.
Kandungan Gizi: Energi 139,8 kalori, Anti oksidan Cathecin: 105 mg dan L-Theanin 14,26 mg

2. Wedang Jahe Coklat Untuk Melembabkan Kulit Yang Kering
Bahan: Air 500 cc, susu segar 500 cc, coklat bubuk 2 sdm, Jahe 4 cm. Kmeudian siapkan juga kayu manis 3 cm, daun pandan, batang sereh 1, dan merica hitam 10 butir.
Cara Membuat: Memarkan jahe, sereh, potong-potong daun pandan kemudian rebus semua bahan kecuali susu segar dan coklat, hingga air mndidih dan menyusut. Masukkan susu segar dan coklat bubuk, rebus sampai suhu 80 derajat Celsius saja agar protein tidak rusak. Angkat dari kompor, saring, tuang ke dalam gelas.
Kandungan Gizi: Energi 192,5 kalori, Kalsium 751,9 gram.

3. Es Kolang-Kaling Sebagai Sumber Kolagen Bagi Kulit
Bahan: Es batu secukupnya, 100 gram kolang-kaling, 100 gram kelapa muda kerok, 30 ml sirup cocopandan dan Air secukupnya.
Cara Membuat: Sangat mudah, masukan semua bahan ke dalam gelas lalu siram dengan sirup dan air sampai penuh.
Kandungan Gizi: Energi 158.9 kalor, Kalsium 98 mg, Fe 10,5 mg.

4. Smoothies Sawi Yang Bisa Meningkatkan Imunitas Selama Puasa
Bahan: 400 gram sawi hijau, 300 gram mentimun, 2 sdm jeruk lemon dan 2 sdm madu.
Cara Membuat: Cuci semua bahan mentah, potong kecil-kecil dan masukkan kedalam juicer extractor, tuangkan kedalam gelas tambah madu dan lemon.
Kandungan Gizi: Energi 221, 5 kalori, Vitamin C 439,9 mg, Zat besi 12,9 mg

5. Red Smoothies Bagi Kamu Yang Ingin Cantik Dan Awet Muda
Bahan: 300 gram bayam merah, 2 buah apel merah dan 2 buah pisang kupas frozen
Cara Membuat: Cuci bersih semua bahan yang akan digunakan, masukkan bayam merah kedalam blender, blender terlebih dahulu supaya halus. Kemudian masukkan bahan yang lainnya, haluskan, masukkan kedalam gelas, dan sajikan.
Kandungan Gizi: Energi 359,5 kalori, Zat Besi 17,65 mg, Serat: 27,71 g

Demikian beberapa resep makanan sehat buka puasa berasal dari functional food yang bisa kamu coba untuk buka puasa. Semoga bisa dijadikan referensi bagi kamu yang mencari menu berbuka yang gampang dan bermanfaat.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like