Ingin Kulit Tetap Segar Selama Puasa? Konsumsi Makanan Sehat Saat Berpuasa Berikut Ini

0 Shares
0
0
0

Bulan puasa adalah bulan yang paling spesial untuk semua umat muslim, namun sayangnya sering ada masalah kesehatan dan masalah kulit ketika puasa, misalnya saja masalah kulit kusam dan kering. Kulit kusam dan kering disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh. Nah, bagi kamu yang mengalami masalah kulit kering saat berpuasa kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara mudah berikut ini. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat saat berpuasa seperti sayuran segar, buah-buahan, gandum dan lainnya. Nah apa saja makanan baik saat puasa itu? Baca ulasan selengkapnya berikut ini agar kulit tetap segar selama berpuasa.

1. Sayur-Sayuran Segar
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sayur-mayur adalah bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Maka tidak heran bila banyak ahli yang menyarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran setiap hari. Dengan mengkonsumsi sayur-sayuran segar selama berpuasa mampu menjaga kesegaran kulit agar tidak kering dan kusam.
Apa saja sayuran yang baik untuk kesehatan kulit itu? Kamu bisa mengkonsumsi bayam, wortel dan brokoli saat sahur atau pun berbuka puasa. Sayur-sayuran ini selain ,mudah di dapatkan di pasar atau pun swalayan, harganya pun sangat terjangkau untuk semua kalangan. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam bahan-bahan ini berfungsi membantu regenerasi sel kulit. Jika anda kurang suka makan sayuran anda bisa menjadikan bahan ini sebagai juice, praktis bukan?

2. Tomat
Masih membahas tentang sayuran, selain wortel, bayam dan brokoli ternyata tomat juga menjadi makanan baik saat berpuasa. Kandungan anti-oksidan dalam buah tomat dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu tomat memiliki vitamin A dan C yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi jangan lupa yah makan tomat atau juice tomat saat berbuka puasa.

3. Buah-Buahan Segar
Makanan baik saat puasa yang selanjutnya adalah buah-buahan segar. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan segar untuk menjaga cairan tubuh kamu selam berpuasa yah. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan sangat baik untuk kesehatan kamu selama berpussa dan juga baik untuk kesehatan kulit kamu. Kulit tidak akan kering karena tubuh dehidrasi.
Kamu bisa memilih banyak buah bahkan sebagian besar buah sangat baik untuk kulit. Buah-buahan yang direkomendasikan dikonsumsi saat berpuasa adalah melon, semangka dan pepaya. Selain segar untuk menu buka puasa ternyata segudang manfaat untuk kulit bisa kamu dapatkan dari buah-buahan ini lho.

4. Gandum Utuh
Meskipun masyarakat Indonesia lebih terbissa mengkonsumsi nasi dari pada gandung namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba makan gandung. Gandung adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat puasa. Ada banyak olahan gandum utuh yang enak dan bisa kamu nikmati untuk menu sahur atau pun berbuka seperi sereal, roti atau pun oatmeal.
Kandungan selenium dalam gandum berfungsi untuk regenerasi sel-sel baru. Selain itu kandungan serat yang tinggi dalam gandum mampu meningkatkan metabolisme tubuh lho. Oh ya bagi kamu yang suka mengkonsumsi sereal lebih baik memilih sereal dengan kandungan gula yang rendah. Karena jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan jerawat.

5. Daging Merah Tanpa Lemak
Jangan lupa untuk mengkonsumsi daging merah untuk menu buka berpuasa atau menu makan sahur kamu agar lebih sehat. Daging merah sangat baik untuk kesehatan kulit karena kandungan zat besi di dalamnya mampu mencegah lingkaran hitam pada mata atau yang lebih dikenal dengan mata panda. Tapi perlu diperhatikan ya jangan sembarangan mengkonsumsi daging hal ini untuk menghindari kamu terkena obesitas dan kolesterol. Pilihlah daging merah yang bebas lemak agar sehat dan aman untuk tubuh.

Nah itulah makanan baik saat puasa. Agar kulit tetap sehat dan bebas dari kering dan kusam sebaiknya kamu mengkonsumsi makan-makanan sehat di atas yah. Bahan-bahan itu selain mudah didapatkan harganya juga cukup terjangkau namun mampu menutrisi kulit kamu selama berpuasa. Untuk menjaga kulit selama berpussa, selain dari dalam kamu juga harus memberikan perawatan khusus ya. Gak mau kan saat lebaran penampilanmu buruk? Oleh karena itu tetap perhatikan dan beri perawatan terbaik untuk wajahmu ya.

0 Shares
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like