Buruan Cek Kadaluarsa Produk Kecantikanmu Biar Gak Ngalamin Ini

0 Shares
0
0
0

Meskipun sering menggunakan make up, namun banyak wanita yang sering lupa kapan pertama kali mereka menggunakan alat make up tersebut. Padahal seperti pada produk-produk lainnya, produk kecantikan seperti make up dan alat-alat kecantikan memiliki tanggal kadaluarsa tersendiri. Sehingga bagi pemakai produk kecantikan harus mengetahui batas penggunaannya agar terhindar dari akibat buruk yang bisa terjadi. Akibat itu diantaranya, munculnya jerawat pada wajah, pembengkakan bibir, masalah mata dan iritasi kulit. Kok bisa yah? Yuk kepoin info lengkapnya.

1. Munculnya Jerawat Yang Mengganggu
Bahaya menggunakan kosmetik kadaluarsa yang biasa terjadi adalah munculnya jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak dalam kosmetik seperti foundation atau cream blush yang sudah kadaluarsa akan mengendap di lapisan teratas. Saat kamu menggunakan kosmetik tersebut itu sama saja kamu menggunakan produk berkandungan minyak tinggi yang akan menyumbat pori-pori wajah kamu. Karena pori-pori wajah tersumbat membuat jerawat muncul di wajah. Jadi masih berani menggunakan produk kecantikan yang kadaluarsa?

2. Pembengkakan Bibir
Bibir yang tebal memang kadang membuat tampilan terlihat seksi, tapi kalo tebal karena bengkak tentunya akan merusak penampilan kamu dong. Yah masalah pembengkakan bibir ini bisa kamu alami jika kamu menggunakan produk untuk bibir yang sudah melebihi batas masa penggunaan alias kadaluarsa. Selain bibir menjadi tebal karena bengkak, bibir kamu juga akan menjadi kering, kasar, pecah-pecah dan bahkan perih. Inilah akibatnya kalo kamu gak memperhatikan tanggal kadaluarsa produk untuk bibir kamu.

3. Masalah Mata
Jangan salah ya, penggunaan produk kecantikan kadalursa juga bisa berpengaruh pada mata kamu lho. Hal ini terjadi karena adanya kontak langsung antara penumpukan bakteri pada kosmetik yang sudah kadaluarsa dengan area mata baik kelopak atau bulu mata. Ini yang menyebabkan mata mengalami iritasi mulai dari rasa perih, berair, kemerahan hingga tumbuh bisul di mata. Bukan hanya itu saja lho, penggunaan kosmetik yang sudah kadaluarsa bisa membuat iritasi mata yang harus dirawat secara khusus. Karena termasuk indra yang sangat penting makanya jangan sepelekan akibat dari penggunaan produk kecantikan kadaluarsa ya.

4. Iritasi Kulit
Selain jerawat, pembengkakan bibir dan masalah mata bisa kamu alami kalau kamu menggunakan produk yang udah kadaluarsa lho. Penggunaan kosmetik kadaluarsa juga menyebabkan iritasi pada kulit. Karena produk kecantikan yang kadaluarsa mengandung bakteri yang tinggi dan akan bereaksi pada kulit sehingga menyebabkan iritasi pada kulit wajah kamu. Iritasi ini bisa ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada wajah, kulit menjadi kemerahan, kulit mengelupas dan masih banyak lainnya. Ngeri banget yah.

Sekarang kamu udah tau kan akibatnya kalo kamu pakai produk kecantikan kadaluarsa? Masih berani coba-coba menggunakannya? Pastinya enggak kan. Nah untuk mencegah terjadinya hal ini, kamu harus tahu tanggal kadaluarsa dan masa penggunaan produk. Untuk bedak dan eyes hadow sebaiknya digunakan maksimal 2 tahun, untuk lipstick digunakan antara 1 hingga 2 tahun, penggunaan mascara sebaiknya hanya 3-4 bulan, dan eyeliner hanya pada 3 bulan.

Selain produk kecantikan yang harus kamu pilih, kamu juga harus memilih perawatan yang baik untuk wajah ya. Di era sekarang, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan bahan-bahan alami untuk kesehatan kulitmu, supaya kulit nggak cepat terlihat tua dan terpenting nggak menimbulkan efek samping yang buruk dikemudian hari pada wajahmu. Yuk hidup sehat dan rawat kulit lebih baik lagi.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like