Tips Nggak Telat Saat Sahur! Di Jamin Ampuh Banget Deh

0 Shares
0
0
0

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu semua umat manusia. Di bulan ini semua umat muslim di wajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun sebelum menjalankan ibadah puasa seseorang di sunnahkan untuk sahur. Sayangnya banyak orang yang kesulitan sahur tepat waktu karena beberapa alasan. Nah berikut ini kita akan membahas tips agar tidak telat sahur saat puasa. Tips-tips ini sangat mudah dijalankan, mulai dari niat, tidak begadang, memiliki waktu istirahat yang cukup dan lainnya. Ingin tahu lebih jelasnya? Baca di bawah ini.

1. Niat
Jelas dong ya, tips agar tidak telat sahur yang pertama adalah dimulai dengan niat terlebih dahulu. Tanpa niat yang sungguh-sungguh dari dalam hati tentunya kamu tidak akan bangun lebih awal. Bahkan alasan-alasan sepele pun bisa membatalkan niatmu untuk bangun sahur jika tidak dimulai dari diri sendiri. Maka dari itu mulailah membuat niat dari dirimu sendiri. Sebelum tidur kamu harus meniatkan diri untuk bisa bangun lebih awal untuk sahur. Dengan begitu akan mempermudah kamu menjalani sahur tanpa takut telat lagi.

2. Jangan Begadang
Biar nggak telat saat sahur kamu jangan begadang yah, apalagi untuk hal-hal yang enggak begitu penting. Begitu selesai shalat tarawih dan tadarus Al-Quran bergegaslah untuk istirahat. Jangan bermain smartphone karena cahaya dari smartphone dapat membuat seseorang tidak mengantuk. Jika perlu beri batas maksimal untuk kamu tidur seperti jam 9 malam atau jam 10 malam. Kamu juga harus belajar disiplin untuk tidur di jam yang sudah kamu tentukan ini. Karena jika kamu terlalu lama begadang maka pada esok harinya akan sulit untuk bangun sahur lho.

3. Pastikan Waktu Tidur Yang Cukup
Dengan memiliki waktu tidur yang cukup akan mempermudah kamu dalam bangun sahur. Rata-rata manusia membutuhkan waktu tidur setidaknya 6 jam dalam sehari. Namun saat bulan Ramadhan banyak kegiatan malam hari membuat tidak sedikit orang yang akhirnya kekurangan waktu tidur. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menerapkan jam istirahat siang dengan tidur siang sehingga waktu tidur kamu tercukupi. Namun bagi yang memiliki banyak aktivitas sehingga tidak bisa tidur siang maka kamu bisa mengurangi pekerjaan-pekerjaan berat. Jangan biarkan tubuh terlalu lelah sehingga akhirnya kamu tidak bisa bangun sahur lebih awal.

4. Pasang Alarm
Selanjutnya, ini nih yang paling penting yaitu pasang alarm. Bagi orang-orang yang tidak terbiasa bangun pagi memang sulit memulai kebiasaan satu ini. Jika semua cara sudah dilakukan namun kamu masih kesulitan bangun sahur lebih awal maka memasang alarm bisa jadi solusi yang paling tepat.
Pasanglah beberapa alarm misalnya alarm smartphone dan alarm jam weker untuk membangunkan kamu saat sahur. Jika saat awal-awal kamu masih tidak terbangun oleh bunyi alarm itu kamu lebih baik memasang beberapa alarm smartphone dengan waktu yang berbeda-beda. Hal ini akan membuat smartphone kamu terus bergetar sehingga membangunkan kamu.

5. Jangan Kunci Pintu Kamar
Masih enggak kebangun juga meski sudah pasang alarm? Jika suara masih belum membangunkan kamu dari tidur mungkin kamu harus digerakkan agar bangun. Nah tips agar tidak telat sahur yang terakhir adalah dengan tidak mengunci pintu kamar. Tidak mengunci pintu kamar bertujuan agar orang lain bisa dengan mudah membangunkan kamu. Oh ya jangan lupa ya untuk memberi pesan terlebih dahulu kepada saudara, keluarga atau teman kos untuk membangunkan kamu saat sahur terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa tips agar sahur tepat waktu. Tips-tips di atas dijamin cukup mudah dilakukan kok jadi kamu bisa mencoba mempraktikannya. Oh ya saat puasa kulit menjadi cenderung lebih kering karena kekurangan cairan ada tubuh. Itu kenapa kamu juga penting memperhatikan kondisi kulitmu ya. Untuk mengatasi masalah kulit kering di wajah, kamu bisa melakukan treatment Dark Chocolate Facial atau Pulsed Oxygen Injection Larissa ya. Yuk jaga kulit wajahmu biar nggak kering.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like