Pengen terhindar dari bekas jerawat yang mengganggu penampilan? Ini dia tipsnya buat kamu

Jerawat jadi masalah kulit wajah yang hampir semua orang pernah merasakannya. Siapa sih yang gak kesel kalau kulit lagi berjerawat? Tapi nyatanya, ada hal lain yang lebih bikin kesel dari sekedar jerawat di wajah, yaitu bekas jerawat. Noda kemerahan atau bahkan kehitaman yang disebabkan oleh bekas jerawat sangat mengganggu penampilan.

Baca Juga : Menilik Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah

Tak bisa dipungkiri, bekas jerawat justru lebih sulit dihilangkan dibanding jerawat itu sendiri. Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari noda bekas jerawat yang sulit hilang? Simak penjelasannya sampai akhir.

Kebiasaan Yang Bikin Bekas Jerawat

1. Kebiasaan Memencet Jerawat Sembarangan

Ketika sedang berjerawat, mungkin kamu cenderung ingin memencet jerawat karena rasa tak tahan dengan hadirnya jerawat. Bahkan ketika kamu berhasil memencet jerawat hingga isinya keluar, kamu akan merasa puas.

Namun tahukah kamu kalau kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan dan harus kamu hindari. Pasalnya ini adalah salah satu penyebab utama jerawat jadi berbekas di kulit wajahmu.

Memencet jerawat hanya boleh dilakukan dengan profesional di klinik-klinik kecantikan dengan bantuan alat kesehatan yang steril dan memadai. Biasanya hal ini juga jadi salah satu prosedur dalam treatment facial di klinik kecantikan.

Baca Juga : Ladies, Ini 6 Kandungan Skincare Untuk Mencegah Penuaan Dini

2. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah kegiatan perawatan wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, eksfoliasi tetap harus memperhatikan kondisi kulit lho. Saat kulit berjerawat, sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi. Pasalnya, butiran scrub yang terlalu kasar bisa menyebabkan iritasi pada jerawat dan meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan.

Lakukan eksfoliasi saat jerawat sudah sembuh. Hal ini bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga mampu membersihkan dari noda dan membuat kulit jadi lebih halus.

3. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mungkin kamu melakukan kebiasaan terlalu sering mencuci wajah karena kamu berpikir semakin bersih wajahmu, maka jerawat akan semakin cepat hilang. Tapi faktanya, sifat basa dalam sabun cuci wajah dapat membuat kulit cenderung kering.

Sehingga, terlalu sering mencuci wajah bisa mengakibatkan kulit kering sampai terjadi iritasi. Hal ini justru akan menghalangi efektivitas obat jerawat yang sudah kamu aplikasikan di kulit wajah.

Jadi, kamu tetap dianjurkan untuk mencuci wajah maksimal 2 kali dalam sehari di pagi dan malam hari.

Kamu Wajib Tahu : Kenali Jenis Jerawat Dan Penyebabnya

4. Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah bisa dilakukan secara sadar dan tanpa sadar. Secara sadar bisa terjadi karena kamu ingin menggaruk wajah, mengusap keringat, menopang dagu, atau sekedar sengaja menyentuh wajah.

Tahukah kamu bahwa kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat? Faktanya, ketika kamu menyentuh wajah secara sembarangan, dikhawatirkan kuman dan bakteri yang ada di tangan justru akan berpindah ke wajah. Hal ini akhirnya bisa jadi penyebab jerawat.

Untuk itu, kamu perlu menghindari menyentuh wajah apabila tidak dalam keadaan mendesak. Selain itu, kamu bisa mengantisipasi dengan sering membersihkan tangan. Sehingga apabila kamu tidak sengaja menyentuh wajah, akan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Komentar

Belum ada komentar, silahkan isikan komentar Anda pada form di bawah.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Form dengan tanda (*) harus diisi.

  • Tentang Larissa

    Larissa Aesthetic Center merupakan klinik kecantikan estetika pratama yang mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology" yaitu sistem perawatan wajah, perawatan rambut hingga perawatan tubuh dengan memakai bahan alami yang disinergikan penggunaan teknologi modern dengan harga terjangkau.

    Larissa Aesthetic Center juga menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM. Produk kosmetik tersebut menggunakan merek dagang "L" yang sudah dipatenkan dan hanya tersedia di gerai-gerai Larissa Aesthetic Center.

  • Kontak Kami

    +62 853-2606-8888


    (0274) 588037



    LARISSA AESTHETIC CENTER
    HEAD OFFICE

    Jl. Kayen Raya No.45, Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281