Nggak Mau Rambut Rusak Akibat Berenang, Lakukan Ini Aja!

0 Shares
0
0
0

Berenang merupakan aktivitas yang paling menyenangkan bagi beberapa orang, sebab selain bisa menyehatkan tubuh, berenang juga bisa membantu membakar kalori di dalam tubuh. Buat kamu yang ingin langsing atau sedang melakukan program diet, olahraga renang sangat disarankan karena bisa membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga lain lho. Tapi meskipun mampu membantu dalam membakar kalori, aktivitas olahraga satu ini bisa menyebabkan masalah serius untuk anggota tubuh lainnya seperti rambut.

Ternyata, rambut dan berenang merupakan dua hal yang tidak saling menguntungkan. Pasalnya, klorin yang umumnya terdapat dalam kolam renang berfungsi membunuh kuman sehingga bisa membuat rambut rusak. Hal ini terjadi karena kutikula rambut mampu menyerap semua logam berat dan zat kimia yang ada di dalam kolam renang. Duh jadi pikir-pikir buat sering berenang nih. Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa diterapin agar kamu nggak mengalami yang namanya rambut rusak akibat berenang, seperti berikut ini:

  1. Sebaiknya kamu membasahi rambut dengan air bersih terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kolam renang ya. Setidaknya kondisi rambut yang telah dibahasi dengan air bersih terlebih dahulu bisa mengurangi penyerapan logam berat dan zat kimia saat berenang, sehingga bisa meminimalisir kerusakan pada rambut indahmu.
  2. Lakukan keramas setelah berenang adalah hal wajib yang kamu lakukan. Kamu perlu mempertimbangkan menggunakan shampoo dengan label EDTA pada kemasan. Hal ini bisa kamu pertimbangkan karena shampo dengan EDTA mampu membersihkan seluruh sisa logam berat seperti seng, besi dan tembaga yang menempel pada rambut, sehingga rambut lembut secara alami. Atau jika kamu bingung dengan label EDTA, kamu bisa lebih memilih perawatan rambut berbahan alami seperti produk berbahan gingseng, kemiri, atau bahkan teh hijau, sesuai dengan jenis rambutmu.
  3. Memeras rambut dengan lembut adalah cara terbaik agar kondisioner dapat meresap ke rambut dan bukan justru terbuang sia-sia. Peras rambut dengan lembut terlebih dahulu agar sisa air bisa menghilang sebelum menggunakan produk kondisioner ya. Ini juga bisa membantu kondisioner meresap ke setiap helai rambutmu sehingga rambut menjadi lebih lembut.
  4. Siapkan handuk khusus untuk mengeringkan rambut setelah berenang. Usahakan memilih handuk bersih dan berbahan microfiber agar kelebihan air dapat terserap sempurna. Ada trik khusus lho biar rambut kering sempurna tanpa merusak rambut. Caranya adalah dengan menepuk perlahan rambut, bukan justru menggosok secara keras. Menggosok terlalu keras bisa membuat rambut semakin rusak akibat kondisi kutikula yang rapuh setelah berenang.
  5. Kamu harus rutin membersihkan diri setelah berenang agar kerusakan pada rambut bisa diminimalisir. Kebanyakan orang justru lebih memilih menikmati makanan terlebih dahulu sebelum membersihkan diri setelah aktivitas renang. Padahal, zat kimia yang terlalu lama berada pada kutikula rambut bisa menyebabkan kerapuhan yang semakin parah. Itu kenapa rambut bisa menjadi kering dan kasar setelah berenang. Nggak mau kan rambut justru menjadi rusak karena hobi renangmu?

Nah, untuk mencegah agar rambut nggak semakin rusak, beberapa cara di atas bisa kamu praktekkan untuk merawat rambut dan mencegah kerusakan akibat aktivitas berenangmu ya. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan menggunakan produk rambut berbahan alami agar rambut ternutrisi jauh lebih baik, sehingga rambut dan kulit kepala bisa terawat meski kamu berenang setiap hari, Ladies. Yuk siapkan perlengkapan renangmu dan jangan takut lagi dengan masalah rambut rusak akibat aktivitas berenangmu ya.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like