Hal Yang Harus Diperhatikan Buat Kamu Yang Punya Rambut Panjang

0 Shares
0
0
0

Memiliki rambut panjang memang menyenangkan namun sayangnya, banyak sekali pemilik rambut panjang yang kurang memperhatikan kondisi rambutnya. Padahal rambut panjang memerlukan perawatan yang lebih di bandingkan rambut pendek. Nah apa saja hal yang harus diperhatikan buat kamu yang punya rambut panjang itu? Berikut informasinya buat kamu.

1. Jaga Kebersihan Rambut
Hal yang perlu di perhatikan si pemilik rambut panjang adalah kebersihan dari rambut itu sendiri. Rambut yang panjang biasanya mudah berkeringat karena kulit kepala menjadi lebih panas, belum lagi debu dan polusi yang bisa menyebabkan rambut menjadi kotor. Jika tidak segera diatasi hal ini akan membuat rambut menjadi gatal dan muncul masalah rambut lainnya. Jagalah kebersihan rambut kamu dengan keramas secara rutin setidaknya dua hari sekali. Keramaslah dengan cara yang benar agar kotoran yang menempel di rambut bisa hilang sehingga rambut selalu bersih.

2. Potong Rambut Bercabang Secara Rutin
Hal yang harus diperhatikan buat kamu yang punya rambut panjang kedua adalah memotong rambut bercabang secara rutin. Rambut yang panjang rentan mengalami masalah rambut bercabang. Rambut bercabang bukanlah maslah yang ringan karena dapat memicu munculnya permasalahan rambut lainnya seperti rambut kasar, kering hingga patah. Sehingga kamu harus melakukan perawatan untuk mengatasinya, kamu bisa memotong bagian rambut yang bercabang atau tepatnya bagian rambut yang paling bawah. Cara ini dapat menghindari kerusakan yang lebih parah lagi pada rambut. Jadi kamu tidak harus mengubah gaya rambut atau memotong rambut menjadi pendek untuk mengatasi rambut bercabang.

BACA JUGA: Kapan Waktu Yang Tepat Potong Rambut? Yuk Intip Pembahasannya Berikut!

3. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang
Memiliki rambut yang panjang terkadang mengganggu aktvitas keseharian, apalagi ketika terkena angin maka tatanan rambut bisa menjadi rusak. Maka tidak heran bila banyak orang yang suka mengingat rambut agar tidak mengganggu ketika mereka bekerja atau ketika berolahraga. Namun tahukah kamu jika mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan masalah rambut? Yah ketika kamu mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut sulit bernafas. Akibatnya rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Oleh karena itu, jauhi kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang dan jika kamu berada di rumah biaran rambut tergerai agar bisa bebas.

4. Keringkan Rambut Setelah Keramas
Buat kamu yang memiliki rambut panjang pastinya kamu sering keramas kan? Tapi perlu diingat yah, setelah selesai keramas kamu harus pastikan bahwa rambutmu sudah kering terlebih dahulu sebelum kamu mengikatnya atau menggunakan penutup kepala. Hal ini penting banget lho untuk menghindari rambut dari kerontokan. Karena ketika rambutmu basah maka rambut akan lebih rapuh dan mudah rontok.

Selain itu pastikan pula kamu sudah mengeringkan rambut dengan cara alami, bukan dengan menggunakan hair dryer. Penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kasar. Lalu bagaimana cara alami mengeringkan rambut itu? Kamu bisa mengipas-ngipaskannya sebentar setelah keramas.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan buat kamu yang punya rambut panjang. Jika perawatan rambut panjang membuatmu kesulitan merawatnya, tidak ada salahnya kok kamu memendekkan saja rambutmu asal tetap terawat. Namun bagi yang ingin memiliki rambut panjang dan sehat kamu harus melakukan perawatan rutin untuk rambut agar rambut tetap sehat dan kuat. Karena percuma kamu punya rambut panjang jika tidak sehat. Bagaimana caranya? Lakukanlah perawatan khusus untuk rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami, misalnya kamu bisa memilih hair mask berbahan buah-buahna seperti strawberry, avocado, dark chocolate, bahkan aloevera/lidah buaya untuk menutrisi bahan memperbaiki kondisi rambutmu. Nggak perlu sering-sering, setidaknya jadwalkan perawatan rambutmu di klinik kecantikan minimal sebulan sekali ya. Udah saatnya rambut indahmu diberi perawatan ekstra loh!

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like