Bibir Kamu Kering Dan Pecah-Pecah? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

0 Shares
0
0
0

Bibir merupakan bagian dari tubuh kamu yang juga sering mengalami masalah. Masalah yang pada umumnya terjadi adalah masalah bibir kering dan pecah-pecah. Bila kamu sering mengalami masalah ini, kamu harus tahu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Setelah itu cari cara untuk segera mengatasinya. Jangan menyepelekan proses penyembuhan bibir kering. Sebab bibir kering akan mengurangi nilai estetika wajah kamu. Selain itu rasa perih juga akan kamu alami jika bibir pecah-pecah.

Kasus bibir pecah-pecah ini bukan hanya dialami oleh perempuan. Laki-laki juga banyak mengalami masalah yang sama. Untuk itu jangan merasa panik ketika bibir kamu pecah-pecah. Segera cari tahu penyebab dan solusinya. Agar kamu bisa menghindari bibir kering dan pecah-pecah. Banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini penyebab sekaligus solusinya.

1. Kurang Minum (Dehidrasi)
Penyebab bibir kering dan pecah yang pertama adalah kurang minum. Jika kamu kurang minum maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi ini akan mengirimkan sinyal lewat rasa haus dan bibir yang kering. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan bibir sebaiknya banyaklah minum air. Cara mengatasinya kamu harus minum air sekurang-kurangnya 8 gelas dalam sehari. Bila sedang berpuasa maka perbanyak minum air putih pada malam hari.

2. Kekurangan Vitamin C
Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat vitamin C adalah menjaga kondisi bibir agar tidak kering dan pecah. Jika kamu kekurangan vitamin C maka kamu akan mengalami bibir pecah bahkan hingga sariawan. Tentu saja sariawan ini akan menyebabkan bibir kamu sangat terasa perih. Cara mengatasinya, perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamib C seperti sayuran dan buah-buahan. Semakin kekuarangan vitamin C maka kondisi bibir akan semakin buruk.

BACA JUGA: Facial Yang Bisa Kamu Pilih Saat Tanggal Tua, Hmmm…

3. Faktor Genetik
Tahukan kamu bahwa faktor genetik juga mempengaruhi kondisi bibir. Seseorang yang orangtuanya memiliki bibir yang mudah pecah-pecah, maka memiliki kemungkinan besar untuk mengalami bibir kering. Untuk itu, kamu butuh usaha ekstra keras jika mengalami kondisi ini. Cara mengatasinya dengan selalu menggunakan lip balm dan banyak minum air putih. Jangan lupa juga untuk konsumsi makanan bervitamin C secara teratur.

4. Paparan Sinar Matahari
Jika kamu lebih sering beraktifitas di luar ruangan, maka penyebab bibir kering yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Untuk itu cobalah menggunakan masker apabila berada di luar ruangan atau di bawah terik matahari. Hal ini juga akan mencegah kondisi bibir agar tidak menghitam. Gunakan juga lip balm yang bisa menagkal sinar matahari. Sehingga bibir kamu tetap aman dan tidak kering.

5. Penggunaan Lipstik Yang Salah
Hati-hati dalam memilih lipstik yang akan kamu gunakan pada bibir. Apalagi saat ini sedang marak tren penggunaan lipstik matte yang kering. Penggunaan lipstik yang salah akan menjadi pemicu bibir kering. Untuk itu gunakan scrub dari bahan madu, gula dan perasan lemon untuk mengatasinya. Gunakan lipstik yang berbahan alami saja dan juga mengandung pelembab untuk bibir.

Menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah tidaklah sulit. Namun kamu jauh lebih baik untuk menghindari kondisi bibir kering dan pecah. Caranya simpel kok, kamu bisa menggunakan produk pelembab bibir supaya bibir terhindar dari pecah-pecah. Atau kamu bisa menggunakan cara klasik dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, minyak zaitun, atau bahkan melakukan scrub bibir menggunakan gula pasir. Cegah bibir pecah-pecah dari sekarang yuk.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like