Benarkah Coklat Bisa Mempengaruhi Mood Seseorang?Hmmm…

0 Shares
0
0
0

Coklat merupakan makanan yang sangat populer. Berbagai perayaan maupun acara biasanya tidak pernah meninggalkan coklat sebagai camilan wajib. Coklat juga dijadikan sebagai hadiah untuk orang-orang spesial, sebagai sebuah tanda rasa kasih sayang. Bahkan ternyata coklat juga dianggap sebagai makanan yang membuat mood bagus. Beberapa orang yang sedang tidak memiliki mood yang bagus, mengonsumsi coklat sebagai cara untuk menenangkan diri. Ada beberapa fakta menarik dari coklat yang membuat mood bagus, mulai dari merangsang hormon dopamine dan serotin, membantu aliran darah ke otak, mudah menurunkan stres, membantu menurunkan tekanan darah dan memproduksi hormon insulin. Mau tau informasi lebih jelasnya? Yuk cari tahu.

Fakta Menarik Tentang Coklat Yang Membuat Mood Bagus

Coklat memang makanan manis yang sangat nikmat untuk dimakan kapan saja. Bahkan coklat juga bisa dihidangkan dalam bentuk minuman, misalnya coklat panas yang bisa menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin. Kepercayaan masyarakat bahwa coklat mampu meningkatkan mood ternyata bukan hanya sebatas mitos saja. Berikut ini merupakan beberapa fakta tentang coklat, makanan yang membuat mood bagus.

1. Merangsang Hormon Dopamin Dan Serotinin
Olahan coklat memiliki kandungan phenylethylamine yang cukup tinggi. Zat ini ternyata mampu mendorong sekresi hormon dopamin dan serotinin. Hormon ini sering dipercaya sebagai hormon yang membuat orang memiliki rasa bahagia. Sebenarnya secara otomatis tubuh mampu memproduksi hormon dopamin dan serotinin meskipun tanpa bantuan coklat sekalipun. Namun dalam kondisi-kondisi tertentu, tubuh perlu dirangsang untuk memproduksi hormon ini. Sehingga mengonsumsi coklat dapat berakibat meningkatkan mood karena hormon kebahagiaan meningkat.

2. Flavonoid Membantu Aliran Darah Ke Otak
Mengonsumsi coklat dapat merangsang sekresi hormon flavonoid dengan respons yang cepat. Hormon ini berfungsi untuk membantu kelancaran aliran darah ke otak. Ketika otak mendapatkan pasokan oksigen yang lancar melalui darah maka otak akan lebih sehat dan berpikir jernih. Efek dari mengonsumsi coklat terhadap produksi hormon ini sangat cepat. Dalam waktu dua hingga tiga jam aliran darah ke otak sudah lancar dan lebih baik dari sebelumnya. Sehingga yang tadinya mood tidak baik bisa kembali bagus setelah mengonsumsi coklat karena pikiran di kepala sudah jernih.

3. Menurunkan Stres Dalam Waktu Singkat
Salah satu penyebab rusaknya mood seseorang adalah karena beban pikiran yang terlalu berat. Stres dapat berakibat mood tiba-tiba turun dan akhirnya banyak hal buruk yang terjadi. Coklat sebagai shein telefoonhoesjesread this post hereswiss replica watches aaa+ grade makanan yang membuat mood bagus mampu membantu tubuh untuk menghadapi stres yang cukup berlebihan dalam pikiran. Coklat mengandung anti-depresan, yaitu zat yang mampu mengurangi rasa depresi dalam tubuh. Respons tubuh dari mengonsumsi coklat ini juga tidak berlangsung terlalu lama. Tubuh dapat merespons anti-depresan dengan cepat, sehingga kondisi stres bisa segera hilang setelah beberapa saat mengonsumsi coklat.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah yang meningkat sering kali membuat orang menjadi lebih sensitif. Keadaan sensitif yang berlebihan ini menyebabkan emosi menjadi tidak stabil dan mudah terpancing untuk marah-marah. Mengonsumsi coklat ternyata mampu menurunkan tekanan darah. Bahkan coklat disebut mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga berkali kali lipat. Sehingga ketika tekanan darah sudah menurun, mood akan kembali baik. Hal ini karena tekanan darah yang lancar dan emosi sudah mulai bisa terkendali setelah mengonsumsi coklat.

5. Meningkatkan Produksi Insulin Secara Konstan
Insulin merupakan hormon yang mampu menjaga keseimbangan glukosa dalam darah. Orang yang tidak mampu menghasilkan insulin maka akan terkena penyakit diabetes. Penyakit ini bisa disebabkan karena keturunan maupun karena pola hidup yang tidak sehat. Meskipun coklat memiliki rasa yang manis, tetapi mampu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Padahal secara umum, orang yang terkena penyakit diabetes tidak diizinkan untuk mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Coklat yang baik untuk kesehatan adalah coklat yang tidak mengandung gula terlalu banyak. Sehingga efek coklat sebagai makanan yang membuat mood bagus serta baik untuk kesehatan menjadi lebih optimal.

Ketika kamu merasa mood tidak bagus, mungkin salah satu yang mempengaruhinya karena kamu lelah beraktivitas. Untuk menyegarkannya kembali kamu bisa melakukan proses memanjakan diri seperti facial menggunakan bahan-bahan alami. Facial tidak hanya berguna untuk menyehatkan kulit wajah lho, namun dengan facial kamu akan lebih rileks dan mood kamu kembali bagus. Pastikan kamu memilih klinik kecantikan yang menggunakan bahan-bahan alami dalam perawatannya ya.

0 Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like